Abstract:
SELA NUR ARIATI 11811200. Peran Guru Akidah Akhlak Dalam Menumbuhkan Karakter Religius Siswa Kelas V MIS Raudhatul Jannah Tahun Ajaran 2023/2024. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK). Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI), Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak, 2025.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peran guru akidah akhlak dalam menumbuhkan karakter Religius pada siswa. Untuk mendeskripsikan faktor penghambat guru akidah akhlak dalam menumbuhkan karakter religius pada siswa. Metode penelitian yang digunakan yaitu penelitian lapangan dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Sumber data yang digunakan yaitu data primer dan data sekunder serta teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi kesekolah wawancara dengan guru kelas dan dokumentasi.
Adapun rumusan dalam penelitian ini adalah Bagaimana peran guru akidah akhlak dalam menumbuhkan karakter religius pada siswa dan Apa faktor yang mempengaruhi guru akidah akhlak dalam menumbuhkan karakter religius pada siswa. Hasil penelitian yang ditemukan oleh penulis dalam penelitian ini yaitu 1) Peranan guru akidah akhlak dalam menumbuhkan karakter religius siswa kelas 5 yaitu: a) Guru sebagai perencana, b) Guru sebagai pelaksana,dan c) Guru sebagai Evaluator. 2) Faktor yang mempengaruhi guru akidah akhlak dalam menumbuhkan karakter religius siswa yaitu: kontrol terhadap tingkah laku siswa dan bimbingan guru kepada siswa di luar sekolah. 3) Solusi mengatasi faktor yang mempengaruhi guru dalam menumbuhkan karakter religius yaitu: pemaksimalan pengawasan guru terhadap perilaku siswa, guru dan orang tua bekerjasama, saling berkomunikasi agar apa yang dilakukan anak dalam kegiatan pembentukan karakter religius di sekolah juga dilakukan saat anak di rumah dan juga sebaliknya.