Abstract:
KETRIN PUTRI UTAMI, 2024, NIM. 11901136. Pengaruh Metode Demontrasi terhadap Keterampilan Wudhu pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di Kelas I SD Negeri 11 Melana Kecamatan Sokan Kabupaten Melawi Tahun Ajaran 2024/2025.
Penelitian ini dilatar belakangi oleh nilai rata-rata keseluruhan untuk praktek wudhu pada peserta didik kelas I SD Negeri 11 Melana yang masih berada di bawah standar Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang ditetapkan. Artinya, masih diperlukan adanya perbaikan untuk dapat memenuhi standar nilai yang ditetapkan. Dalam hal ini, penerapan metode demonstrasi diupayakan untuk dapat meningkatkan hasil belajar tersebut. Secara umum dalam penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan metode demonstrasi terhadap keterampilan wudhu pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di kelas I SD Negeri 11 Melana Kecamatan Sokan Kabupaten Melawi Tahun Ajaran 2024/2025.
Jenis penelitian yang diterapkan adalah penelitian asosiatif dengan pendekatan kuantitatif dan bentuk penelitian eksperimen dengan model one group pretest-posttest design. Sumber data primer adalah hasil tes siswa sebelum dan sesudah eksperimen, hasil observasi aktivitas pembelajaran di kelas. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis hasil perhitungan Uji Independent Sampel T-Test.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Sebelum diterapkannya metode demontrasi, nilai keterampilan berwudhu siswa masih kurang memuaskan dan diperlukan adanya perbaikan; 2) Setelah diterapkannya metode demontrasi, nilai keterampilan berwudhu siswa sudah memuaskan, meskipun terdapat beberapa aspek yang masih perlu untuk diperbaiki; 3) Penggunaan metode demonstrasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap keterampulan wudhu pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di kelas I SD Negeri 11 Melana Kecamatan Sokan Kabupaten Melawi Tahun Ajaran 2024/2025.
Dapat disimpulkan secara umum bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara penggunaan metode demontrasi dengan metode ceramah terhadap keterampilan wudhu pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di kelas I SD Negeri 11 Melana Kecamatan Sokan Kabupaten Melawi Tahun Ajaran 2024/2025. Nilai keterampilan wudhu pada siswa setelah penerapan metode demonstrasi lebih tinggi dibandingkan dengan metode ceramah.