ANALISIS PREFERENSI DAN PERSEPSI NASABAH TERHADAP FITUR-FITUR PADA APLIKASI MOBILE BANKING (Studi Kasus Terhadap HIPMI Kota Pontianak)

Show simple item record

dc.contributor.advisor Yuliarto, Udi
dc.contributor.advisor Firman, Firman
dc.contributor.advisor Atmaja, Dwi surya
dc.contributor.advisor Amin, Musa
dc.contributor.author Setyawan, Syauqi Fadhil
dc.date.accessioned 2025-02-05T06:13:56Z
dc.date.available 2025-02-05T06:13:56Z
dc.date.issued 2025-01-30
dc.identifier.citation SCI en_US
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/5922
dc.description.abstract SYAUQI FADHIL SETYAWAN, “ Analisis Preferensi dan Persepsi Nasabah terhadap Fitur-Fitur pada Aplikasi Mobile Banking (Studi Kasus terhadap HIPMI Kota Pontianak): Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Jurusan Perbankan Syariah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak, 2024. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengungkap: (1) persepsi nasabah terhadap fitur-fitur pada aplikasi mobile banking; dan (2) bagaimana fitur-fitur pada aplikasi mobile banking dapat memengaruhi preferensi nasabah. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan eksploratif. Sumber data terdiri dari Data primer, yaitu wawancara mendalam dengan sepuluh anggota HIPMI Kota Pontianak yang menggunakan aplikasi mobile banking, dan Data sekunder berupa literatur terkait persepsi dan preferensi pengguna teknologi. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara dengan metode kisi-kisi, dan dokumentasi. Data dianalisis menggunakan pendekatan kualitatif dengan reduksi, penyajian, dan penarikan kesimpulan berdasarkan teori Technology Acceptance Model (TAM). Berdasarkan analisis data, ditemukan bahwa: (1) Persepsi nasabah terhadap fitur-fitur aplikasi mobile banking sangat positif, terutama terkait kemudahan dan kegunaan aplikasi dalam mendukung transaksi harian maupun bisnis mereka. Nasabah merasa aplikasi ini membantu menghemat waktu dan tenaga, dengan fitur-fitur seperti transfer, cek saldo, cek mutasi, dan pembayaran tagihan yang dapat diakses dengan mudah. (2) Fitur-fitur aplikasi mobile banking memengaruhi preferensi nasabah melalui kemudahan penggunaan (perceived ease of use) dan kegunaan aplikasi (perceived usefulness). Preferensi juga dipengaruhi oleh faktor eksternal seperti kestabilan aplikasi, kualitas jaringan, dan estetika tampilan antarmuka. Penelitian ini menyimpulkan bahwa (1) kemudahan dan kegunaan aplikasi mobile banking merupakan faktor utama yang membentuk persepsi positif. (2) fitur-fitur pada aplikasi mobile banking, berperan besar terhadap pembentukan preferensi nasabah dalam menggunakan aplikasi mobile banking, yang sejalan dengan teori Tecnology Acceptance Model (TAM) en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN PONTIANAK en_US
dc.subject Analisis preferensi dan persepsi en_US
dc.subject Kualitas pelayanan en_US
dc.subject Mobile banking en_US
dc.subject Fitur aplikasi en_US
dc.title ANALISIS PREFERENSI DAN PERSEPSI NASABAH TERHADAP FITUR-FITUR PADA APLIKASI MOBILE BANKING (Studi Kasus Terhadap HIPMI Kota Pontianak) en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account