Evaluasi Program Tahfidz di Madrasah Aliyah Negeri ( MAN) 2 Pontianak

Show simple item record

dc.contributor.advisor Hasmy, Ali
dc.contributor.advisor Nugraha, Muhamad Tisna
dc.contributor.advisor Ainin, Moh.
dc.contributor.advisor Mujahidah, Nelly
dc.contributor.author Khotimah, Siti
dc.date.accessioned 2025-02-05T02:53:35Z
dc.date.available 2025-02-05T02:53:35Z
dc.date.issued 2025-01-15
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/5918
dc.description.abstract Siti Khotimah, 2224100694, Evaluasi Program Tahfidz di Madrasah Aliyah Negeri ( MAN) 2 Pontianak, Pascasarjana IAIN Pontianak Tesis ini bertujuan untuk mengevaluasi program Tahfidz di MAN 2 Pontianak yang dilaksanakan sejak tahun 2018, dengan fokus pada peningkatan ketaqwaan peserta didik melalui pemahaman Al-Qur'an dan penciptaan generasi berakhlak mulia. Program Tahfidz memiliki peranan penting dalam membentuk karakter peserta didik, meningkatkan kualitas spiritual, dan membekali mereka dengan pengetahuan agama yang mendalam. Dalam penelitian ini, digunakan metode kualitatif dengan jenis penelitians tudi kasus. Metode kualitatif dipilih untuk mendapatkan pemahaman yang mendalam mengenai pelaksanaan program tahfidz, serta perspektif dari berbagai pihak yang terlibat, termasuk peserta didik, pengajar, dan pengelola program. Evaluasi yang digunakan adalah model evaluasi CIPPO (context, input, process, product and outcome).Peneliti melakukan observasi langsung terhadap kegiatan hafalan, metode pengajaran, dan interaksi antara peserta didik dan pengajar untuk mengevaluasi suasana belajar dan efektivitas proses pengajaran. Selain itu, wawancara semi-terstruktur dilakukan dengan narasumber seperti kepala madrasah, mudabbir, dan peserta didik.. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Program tahfidz di MAN 2 Pontianak telah memenuhi setiap unsur dari evaluasi CIPPO (Context, Input, Process, Product, Outcome). context program ini sesuai dengan kebutuhan peserta didik dalam mengembangkan kemampuan membaca dan menghafal Al Qur'an. Input yang diberikan mencakup sumber daya manusia yang kompeten, fasilitas yang memadai, serta pengelolaan sumber daya yang terstruktur. Process pembelajaran tahfidz berjalan dengan metode yang disesuaikan dengan minat peserta didik dan didukung oleh bimbingan yang intensif. Product dari program ini adalah peningkatan jumlah hafalan Al-Qur'an peserta didik yang signifikan. Hasil akhirnya, para peserta didik mampu x menghafal dan mengamalkan Al-Qur'an secara lebih baik, membawa dampak positif pada perkembangan spiritual dan akademis mereka. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN Pontianak en_US
dc.subject evaluasi program en_US
dc.subject Tahfidz en_US
dc.title Evaluasi Program Tahfidz di Madrasah Aliyah Negeri ( MAN) 2 Pontianak en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account