Abstract:
Risma Harianti (12001208 ), “Konseptual Potensi Sumber Belajar pada Syair Lagu Daerah Sambas Karya Bulyan Musthafa Dalam Menanamkan Nilai Pendidikan Agama Islam”: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi Pendidikan Agama Islam Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak, 2024. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) nilai-nilai pendidikan agama Islam dalam syair Lagu daerah Sambas karya Bulyan Musthafa (2) nilai-nilai pendidikan agama Islam dalam syair Lagu daerah Sambas karya Bulyan Musthafa berpotensi sebagai sumber belajar aspek intelektual (3) nilai-nilai pendidikan agama Islam dalam syair Lagu daerah Sambas karya Bulyan Musthafa berpotensi sebagai sumber belajar aspek sosial (4) nilai-nilai pendidikan agama Islam dalam syair Lagu daerah Sambas karya Bulyan Musthafa berpotensi sebagai sumber belajar aspek emosional (5) nilai-nilai pendidikan agama Islam dalam syair Lagu daerah Sambas karya Bulyan Musthafa berpotensi sebagai potensi sumber belajar aspek kecerdasan spiritual. Jenis penelitian ini adalah deskriptif analisis isi (content analysis) dengan pendekatan kualitatif. teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah wawancara dan dokumentasi. Sedangkan untuk menganalisis datanya peneliti menggunakan redukasi data, penyajian data dan verifikasi data . Berdasarkan hasil analisi peneliti menyimpulkan bahwa : (1) Nilai-Nilai Pendidikan Agama Islam apa saja dalam Syair Lagu Daerah Sambas Karya Bulyan Musthafa yaitu : Lagu Passan Nek Allong mengajarkan pentingnya ibadah seperti shalat dan mengaji sebagai warisan pesan nenek kepada generasi muda, Lagu Kaing Lunggi menunjukkan kesederhanaan, kepatuhan syariah, dan kemandirian, Lagu Tikannang Urang Tue menggambarkan kerinduan perantau kepada orang tua, mencerminkan nilai bakti kepada orang tua, Lagu Alok Galing Lassong Labban mendorong rasa syukur atas nikmat Allah serta mempererat silaturahmi (2) Sumber belajar dalam syair lagu Daerah Sambas Karya Bulyan Musthafa yaitu: Lagu Passan Nek Allong dijadikan sumber belajar yang bisa digunakan untuk peserta didik dalam pembelajaran Akidah Akhlak melalui lirik Lagu. Lagu Kaing Lunggi dijadikan sumber belajar digunakan untuk peserta didik dalam pembelajaran melalui lirik Lagu. Maksud dalam bait tersebut menunjukan ciri khas dari motif Kaing Lunggi pucuk rebung. Lagu Tikannang Urang Tue dijadikan sumber belajar yang bisa digunakan untuk peserta didik dalam pembelajaran akidah akhlak melalui lirik Lagu. Lagu Alok Galing Lassong Labban bisa dijadikan sumber belajar yang digunakan untuk peserta didik yang dimana mengambarkan aspek budaya sehingga peserta didik mengenal budaya lokal Sambas dari Lagu Alok Galing banyak sekali sumber belajar yang diambil dari lagu tersebut dengan mengajarkan nilai kebersamaan dan hidup bergotong royong terhadap masyarakat. (3) Aspek potensi sumber belajar dalam syair lagu daerah Sambas Karya Bulyan Musthafa mencakup aspek intelektual, aspek sosial, aspek emosional, dan aspek kecerdasan spritual.