Abstract:
Penelitian ini bertujuan mengetahui animo masyarakat Teluk Batang dalam menggunakan layanan Lembaga keuangan syariah di BMT UGT Nusantara Teluk Batang. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian adalah masyarakat kecamatan Teluk Batang yang tersebar di tujuh desa. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data menggunakan uji kredibilitas dengan trianggulasi teknik dan member check.
Latar belakang penelitian yaitu mencari serta mengetahui animo dan respons masyarakat di Kecamatan Teluk Batang dalam menggunakan BMT juga menggali faktor pendukung dan penngurang animo. Fokus penelitian ini terdiri dari: 1. Bagaiman persepsi dan pemahamanan masyarakat terhadap produk layanan BMT? 2. Faktor-faktor yang mempengaruhi animo menggunakan layanan BMT? 3.Hambatan atau tantangan masyarakat dalam menggunakan produk layanan BMT?
Tujuanvpenelitian untuk mendapatkan gambaran obyektif animo masyarakat menggunakan layanan lembaga keuangan syariah. Hasilnya animo masyarakat mayoritas tinggi dalam menggunakan layanan BMT khusunya layanan simpanan. Faktor utama adalah kemudahan persyaratan,akses dan transaksi,termasuk nasabah non musli, ghiroh agama yakni label syariah di BMT. Sosialisasi dan promosi kurang masif sehingga masyarakat di masbangun dan banyu abang kurang mengenal dengan BMT, keterbatasan dana pembiayaan schingga tidak semua masyarakat bisa akses layanan pembiayaaan BMT menjadi sebab animo menurun