Abstract:
Fitria Karina. 11911019 Strategi Guru Dalam Pengenalan Angka Untuk Meningkatkan Kemampuan Berhitung Anak Usia Dini Kelompok B Di TK Islam Bina Empat Lima Pontianak : Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak, 2024.
Pengenalan Angka merupakan salah satu faktor penting yang mampu mempengaruhi kemampuan berhitung pada anak usia dini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : 1) Mengindentifikasikan kemampuan awal Berhitung Anak Usia Dini Kelompok B di TK Islam Bina Empat Lima Pontianak. 2) Strategi yang dilakukan oleh guru dalam pengenalan angka untuk meningkatkan kemampuan berhitung anak usia dini kelompok B di TK Islam Bina Empat Lima Pontianak. 3) Langkah-langkah Strategi Guru Dalam Pengenalan Angka Untuk Meningkatkan Kemampuan Berhitung Anak Usia Dini Kelompok B di TK Islam Bina Empat Lima Pontianak.
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Sumber data yang digunakan yaitu data primer dan data sekunder, teknik pengumpulan data yang diperoleh dari observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Teknik keabsahan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah triangulasi.
Hasil penelitian ini disimpulkan bahwa: 1) Kemampuan awal berhitung anak usia dini kelompok B di TK Islam Bina Empat Lima Pontianak yaitu menggunakan benda-benda yang ada disekitar. 2) Strategi yang dilakukan oleh guru dalam pengenalan angka untuk meningkatkan kemampuan berhitung anak usia dini kelompok B di TK Islam Bina Empat Lima Pontianak yakni Strategi pembelajaran langsung, strategi individu, dan strategi kelompok. 3) Langkah-langkah strategi guru dalam pengenalan angka untuk meningkatkan kemampuan berhitung anak usia dini kelompok B di Tk Islam bina empat lima Pontianak yakni Yang pertama Langkah strategi pembelajaran langsung yakni anak didik dikenalkan langkah awal berhitung dari 1-10. yang kedua guru menggunakan Langkah strategi pembelajaran individu yakni guru mendekatkan diri kepada anak usia dini dan menanyakan apakah sudah mengerti dengan pembelajaran yang sudah guru sampaikan. Dan yang terakhir guru menggunakan strategi pembelajaran kelompok yakni guru membagiakan beberapa kelompok dan melihat kekompakkan anak usia dini.