Abstract:
DEA PADINI, Pengaruh Pengetahuan Dan Lokasi Terhadap Minat Masyarakat Menggunakan Produk Bank Syariah (Studi Kasus Pada Masyarakat Desa Mentibar Kecamatan Paloh Kabupaten Sambas). Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Jurusan Perbankan Syariah Institut Agama Islam Negri (IAIN) Pontianak 2024.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengungkap: (1) mengetahui apakah pengetahuan masyarakat berpengaruh secara signifukat terhadap minat masyarakat Desa Mentibar Kecamatan Paloh Kabupaten Sambas dalam menggunakan produk perbankan syariah (2) mengetahui apakah akses lokasi kantor bank syariah berpengaruh secara signifikat terhadap minat masyarakat Desa Mentibar Kecamatan Paloh Kabupaten Sambas dalam menggunakan produk perbankan syariah (3) Mengetahui apakah pengetahuan dan lokasi berpengaruh terhadap minat Masyarakat Desa Mentibar, Kecamatan Paloh, Kabupaten Sambas.
Metode penelitian ini adalah kuantitatif, pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner skala Likert. Populasi penelitian ini pada Masyarakat Desa Mentibar yang berjumlah 1,547 diantaranya laki-laki 886 dan perempuan 661. Sampel diambil menggunakan rumus Slovin dengan hasil 93,92 dibulatkan menjadi 100 orang. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah langsung di lapangan atau dengan kuesioner. Teknik pengolahan data dalam penelitian ini menggunakan uji statistik dengan menggunakan rumus ujit dan uji f.
Hasil penelitian menujukkan bahwa: Variabel pengetahuan (X1) tidak berpengaruh terhadap minat masyarakat menggunakan produk perbankan syariah (Y). Variabel lokasi (X2) berpengaruh signifikan terhadap minat masyarakat menggunakan produk perbankan syariah (Y).