Abstract:
RINA HEBATULLAH. Skripsi. “Kegiatan Keagamaan Untuk Membangun Karakter Religius Pada Peserta Didik di Madrasah Ibtidaiyah Nurul Ulum Pontianak” . Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI) Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) Institut Agama Islam (IAIN) Pontianak. Penelitian ini dilatar belakangi adanya kegiatan keagamaan untuk membangun karakter religius pada peserta didik di Madrasah Ibtidaiyah Nurul Ulum Pontianak. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan: (1) Kegiatan-kegiatan keagamaan untuk membangun karakter religius pada peserta didik di Madrasah Ibtidaiyah Nurul Ulum Pontianak, (2) Pelaksanaan kegiatan keagamaan untuk membangun karakter religius pada peserta didik di Madrasah Ibtidaiyah Nurul Ulum Pontianak, (3) Menganalisis kegiatan keagamaan di Madrasah Ibtidaiyah Nurul Ulum Pontianak relevan untuk membangun karakter religius, (4) Faktor pendukung dan penghambat upaya membangun karakter religius di Madrasah Ibtidaiyah Nurul Ulum Pontianak. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis deskriptif. Sumber data pada penelitian ini adalah Kepala Madrasah dan Waka Kesiswaan. Pengumpulan data menggunakan teknik wawancara semi terstruktur, observasi partisipan dan dokumentasi. Analisis data menggunakan teknik reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan data menggunakan teknik perpanjangan pengamatan, triangulasi dan member check. Penelitian ini berikutnya menyimpulkan: (1) Kegiatan-kegiatan keagamaan di Madrasah Ibtidaiyah Nurul Ulum Pontianak terdiri dari kegiatan harian, mingguan dan tahunan. Yang mana pada kegiatan tersebut bertujuan untuk membentuk karakter religius pada peserta didik untuk berakhlaq sesuai dengan visi misi madrasah. Dan terhindar dari pergaulan yang tidak baik, (2) Dalam melaksakan kegiatan keagamaan untuk membangun karakter religius pada peserta didik dapat melaksanakan metode pembiaasan. Karena metode pembiasaan merupakan kegiatan yang dilakukan secara berulang-ulang sehingga peserta didik akan terbiasa melakukan kegiatan tersebut dalam sehari-hari dimana pun dan kapanpun tanpa diperintah oleh siapapun, (3) Kegiatan keagamaan di Madrasah Ibtidaiyah Nurul Ulum Pontianak sangat relevan untuk membangun karakter religius para peserta didik. Dengan adanya kegiatan-kegiatan keagamaan yang dilaksanakan oleh peserta didik di madrasah maka peserta didik akan terbentuk karakter religiusnya dan mengetahui antara hal yang baik dan hal yang buruk. Dan juga akan menanamkan jiwa kepemimpinan yang bertanggung jawab sebagai penerus bangsa dapat membangun karakter religius pada peserta didik, (4) Faktor pendukung terdapat pada orang tua, pendidik dan peserta didik. Sehingga jika faktor pendukung telah tercukupi maka tidak ada penghambat upaya untuk membangun karakter religius di madrasah.