Abstract:
INDRI MAULIDIA, Kolaborasi Guru PAI dan BK Dalam Mengatasi Kecanduan Game Online Siswa Kelas XI IPS 3 SMAS Mujahidin Pontianak: Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak, 2024.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui. Kolaborasi guru Pendidikan Agama Islam dan Guru Bimbingan Konseling dalam mengatasi kecanduan game online siswa kelas XI IPS 3 SMAS Mujahidin Pontianak. Kolaborasi guru PAI dan guru BK dalam memaksimalkan pencapaian tujuan merupakan hal yang sangat penting. Kecanduan game online adalah fenomena game online merasakan dampak dari game online itu sendiri.
Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan case study (studi kasus). Jenis datanya wawancara dan sumber data guru PAI dan guru BK. Teknik pengumpulan datanya observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yaitu: (1) reduksi data, (2) penyajian data, (3) penarikan kesimpulan. Pada teknik keabsahan data dalam penelitian ini, dengan melakukan triangulasi data, triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: (1) Bentuk Kolaborasi guru Pendidikan Agama Islam meminta guru Bimbingan Konseling untuk mengalihkan perhatian siswa supaya tidak selalu berfikir main game online, memantau siswa membimbing siswa dan dalam menangani siswa, dalam bentuk kolaborasi mengevaluasi semua dikumpulkan dalam satu tempat semua pihak yang bersangkutan. (2) Pelaksanaan kolaborasi guru Pendidikan Agama Islam dan guru Bimbingan Konseling dalam menangani siswa yang kecanduan game online di SMAS Mujahidin Pontianak, dalam mengidentifikasi guru memanggil orang tua meluangkan waktu untuk siswa, dalam menangani guru Pendidikan Agama Islam dan guru Bimbingan Konseling saling memberikan penjelasan mengenai dampak negatif dan positif main game online.