Abstract:
TRI SAFRIANI, 11915050, Analisis Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Hasil Penjualan Berdasarkan Etika Bisnis Islam (Studi Kasus Pada Alfamart Putussibau , Kecamatan Putussibau Utara, Kabupaten Kapuas Hulu). Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam, Prodi Manajemen Bisnis Syariah, Institut Agama Islam Negeri Pontianak, Tahun 2024.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (a) Untuk mengetahui strategi pemasaran pada Alfamart Putussibau, Kecamatan Putussibau Utara, Kabupaten Kapuas Hulu dalam meningkatkan hasil penjualan. (b) Untuk mengetahui tingkat keberhasilan strategi pemasaran Alfamart Putussibau dalam meningkatkan hasil penjualan. (c) Untuk mengetahui penerapan strategi pemasaran Alfamart Putussibau, Kecamatan Putussibau Utara, Kabupaten Kapuas Hulu Berdasarkan Etika Bisnis Islam.
Pada penelitian ini, peneliti menggunakan data Primer dan Data Sekunder. Pendekatan penelitian ini menerapkan pendekatan kualitatif, metode penelitian ini menggunakan metode deskritif. Teknik dan alat pengumpulan data menerapkan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, kesimpulan dan verifikasi. Teknik pemeriksaan keabsahan data memanfaatkan triangulasi dan member check.
Berdasarkan hasil penelitian bahwa (1) Pemilihan Strategi pemasaran Alfamart Putussibau yaitu lebih berfokus pada promosi atau penawaran dan pada pelayanan . Karena strategi pemilihan strategi sesuai dengan kondisi sekitar Alfamart Putussibau sehingga dapat memuaskan pelanggan atau konsumen. (2) Penerepan strategi pemasaran Alfamart Putussibau berhasil dalam meningkatkan hasil penjualan. Dapat dilihat dari data bahwa pencapaian penjualan dari bulan Januari sampai bulan Agustus tahun 2023 selalu melebihi target. Pencapaian bulan Januari 52,62%, bulan Februari 88,68%, bulan Maret 80,46% bulan April 80,46%, bulan Mei 86,26%, bulan Juni 85,26%, bulan Juli 92,05%, bulan Agustus 87,11%. (3) Strategi pemasaran yang diterapkan sudah sesuai dengan Etika Bisnis Islam, mulai dari promosi atau penawaran dan pada pelayanan. Hal tersebut dikarenakan dalam bisnis, Islam mengutamakan etika sesuai ajaran Allah melalui Rasulullah, adapun patokan etika bisnis Islam yang diterapkan Alfamart Putussibau yaitu Kejujuran, Ramah tamah dalam pelayanan dan tidak menjelekkan bisnis orang lain