Abstract:
RIRIN SUPIATI (11833037), Pengembangan Sumber Daya Manusia Oleh Panti Asuhan Baitul Hikmah Kabupaten Kubu Raya: Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah (FUAD) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak, 2024.
Tujuan penelitian ini secara umum untuk mengetahui tentang Pengembangan Sumber Daya Manusia Oleh Panti Asuhan Baitul Hikmah Kabupaten Kubu Raya. Secara khusus untuk mengetahui : 1.) Untuk mengetahui bentuk pengembangan motivasi yang dilakukan Panti Asuhan Baitul Hikmah terhadap anak asuhnya. 2.) Untuk mengetahui bentuk pengembangan kepribadian yang dilakukan Panti Asuhan Baitul Hikmah terhadap anak asuhnya. 3.) Untuk mengetahui bentuk pengembangan keterampilan yang dilakukan oleh Panti Asuhan Baitul Hikmah terhadap anak asuhnya.
Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Sumber data yang digunakan adalah pengasuh dan anak asuh dengan beberapa karakeristik. Pertama, pengasuh yang merupakan perintis dari awal didirikanya Panti Asuhan Baitul Hikmah Kabupaten Kubu Raya dan memiliki umur dari 30 tahun keatas. Kedua, anak asuh yang berumur dari 14-17 tahun. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data penelitian ini menggunakan model Milles dan Hubberman yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Secara umum hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengembangan sumber daya manusia oleh Panti Asuhan Baitul Hikmah Kabupaten Kubu Raya yang dilakukan terjadi melalui proses secara langsung dan tidak langsung baik dari bentu pengembangan motivasi, kepribadian dan keterampilan pada anak-anak asuh Panti Asuhan Biatul Hikmah Kabupaten Kubu Raya. Secara khusus hasil penelitian ini dapat disimpulkan sebagai berikut : 1). Bentuk pengembangan motivasi yang dilakukan Oleh Panti Asuhan Baitul Hikmah melalui proses secara langsung dan tidak langsung kepada anak asuh. 2). Bentuk pengembangan kepribadian yang dilakukan oleh Panti Asuhan Baitul Hikmah yaitu dilakukan secara langsung dengan memeberikan arahan, teladan dan bersabar dalam menjalani proses untuk membentuk kepribadian anak yang baik. 3). Bentuk pengembangan keterampilan yang dilakukan Oleh Panti Asuhan Baitul Hikmah yaitu dengan cara memberikan jadwal atau waktu anak-anak melaksanakan kegiatan belajar baik secara formal maupun non fomal.