Abstract:
DIFFA ISTU PRADANA, 12001224. “Peran Guru Dalam Membentuk Karakter Islami Siswa Di MTs Negeri 1 Sambas” Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Institut Agama Islam Negeri Pontianak 2024.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pendidikan Karakter Islami siswa yang sudah berjalan maksimal di MTs Negeri 1 Sambas, hal ini ditandai dengan 3 aspek seperti perencanaan, implementasi, dan evaluasi pendidikan Karakter Islami. Dan para guru sepakat bahwa semua program perencanaan, implementasi, dan evaluasi pendidikan karakter islami siswa di MTs Negeri 1 Sambas sudah berjalan dengan baik. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui; 1) Gambaran tentang perencanaan pendidikan Karakter Islami siswa MTs Negeri 1 Sambas, 2) Gambaran tentang implementasi pendidikan karakter islami siswa MTs Negeri 1 Sambas, dan 3) Gambaran tentang evaluasi pendidikan karakter islami siswa MTs Negeri 1 Sambas.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif, dengan menggunakan dua sumber data yaitu sumber data primer dan sumber data sekunder. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan pengamatan (observasi), wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Teknik keabsahan pengumpulan data menggunakan tringulasi sumber, teknik trianguasi, dan member check.
Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa guru merencanakan program-program di luar kegiatan pembelajaran yang ada hubungannya dengan pembentukkaan Karakter Islami, merencanakan pembentukkan Karakter Islami melalui kegiatan pembelajaran dalam kelas, guru merencanakan dalam bentuk kegiatan seperti bimbingan konseling. Implementasi dalam pembentukkan Karakter Islami siswa MTs Negeri 1 Sambas dilakukan oleh guru melalui: program Intrakurikuler, Ekstrakurikuler, dan Kokurikuler. Dan evaluasi dalam pembentukkan Karakter Islami siswa di MTs Negeri 1 Sambas dilakukan melalui: menyusun laporan perkembangan karakter siswa, penilaian teman sejawat, menggunakan jurnal refleksi siswa, dan metode observasi.