Penggunaan Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Kelas III Pada Mata Pelajaran Fiqih Materi Sholat Sunnah Rawatib di MIS AtTaq’wa

Show simple item record

dc.contributor.advisor Rozi, Fahrur
dc.contributor.advisor Rahmatullah, Muhammad
dc.contributor.advisor Sari, Nopita
dc.contributor.advisor Nelly, Nelly
dc.contributor.author Syaiful, Muhammad
dc.date.accessioned 2025-01-09T01:00:47Z
dc.date.available 2025-01-09T01:00:47Z
dc.date.issued 2023-11-06
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/5643
dc.description.abstract MUHAMMAD SYAIFUL, Penggunaan Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Kelas III Pada Mata Pelajaran Fiqih Materi Sholat Sunnah Rawatib di MIS ATTaqw’a Tahun Ajaran 2022. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI). Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak 2023. Latar belakang dilakukan Penelitian ini berdasarkan hasil observasi dan didukung oleh hasil wawancara kepada guru kelas III MIS AT-Taqw’a Sungai Kupah menunjukkan bahwa prestasi belajar peserta didik pada pembelajaran fiqih khususnya pada materi pelajaran sholat sunnah rawatib masih kurang aktif. Penyebabnya adalah peserta didik merasa bosan dengan proses pembelajaran yang monoton dan tidak menggunakan model yang bervariasi. Oleh karena itu peneliti memberikan solusi dengan menawarkan penggunaan model contextual teaching and learning untuk diterapkan kepada peserta didik. Tujuan dari penelitian ini yaitu 1) untuk mengetahui prestasi belajar sebelum menggunakan model contextual teaching and learning, 2) untuk mengetahui prestasi belajar proses menerapkan model contextual teaching and learning, 3) untuk mengetahui terdapat peningkatan yang signifikan setelah menggunakan model contextual teaching and learning. Penelitian ini menggunakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus dengan 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi/pengamatan, refleksi. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas III MIS AT-Taqw’a Sungai Kupah tahun pelajaran 2022- 2023 dengan jumlah 17 peserta didik, terdiri dari 10 peserta didik laki-laki dan 7 peserta didik perempuan. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini dalam penggunaan model contextual teaching and learning terhadap prestasi belajar peserta didik menjadi lebih aktif dan mengalami peningkatan di setiap siklusnya, pada penelitian ini prestasi belajar peserta didik meningkat signifikan dari siklus I mencapai persentase 76% (baik), sedangkan pada siklus II prestasi belajar peserta didik mencapai persentase 92% (sangat baik). en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN Pontianak en_US
dc.subject Prestasi Belajar en_US
dc.subject Model Contextual Teaching And Learning en_US
dc.subject Sholat Sunnah Rawatib en_US
dc.subject Fiqih en_US
dc.title Penggunaan Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Kelas III Pada Mata Pelajaran Fiqih Materi Sholat Sunnah Rawatib di MIS AtTaq’wa en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account