Abstract:
RAUDHATUL JANNAH, Peningkatan Nilai Belajar Peserta Didik Melalui Strategi Small Group Discussion pada Mata Pelajaran PAI dan Budi Pekerti di SMP Islam Tazkiyah Pontianak. Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), Institut Agama
Islam Negeri (IAIN) Pontianak, 2024.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan peserta didik yang
kurang fokus terhadap materi yang dipelajari karena sibuk berdiskusi hal pribadi, hal ini disebabkan karena pemilihan strategi yang kurang bervariasi, sehingga pembelajaran kurang optimal dan hasil belajar peserta didik kurang
maksimal. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan informasi dan
kejelasan tentang: 1) Perencanaan pembelajaran dengan strategi small group discussion untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran PAI dan Budi Pekerti di kelas VII A, 2) Proses pelaksanakan pembelajaran dengan strategi small group discussion untuk meningkatkan
hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran PAI dan Budi Pekerti di kelas VII A, 3) Hasil dan evaluasi proses dalam pembelajaran yang menggunakan
strategi small group discussion untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran PAI dan Budi Pekerti di kelas VII A.
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan pendekatan kualitatif yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan
refleksi. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas VII A SMP Islam
Tazkiyah Pontianak yang berjumlah 20 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa observasi, tes dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan strategi small group discussion dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik. Adapun tahap yang dilalui berawal dari tahap pra-siklus yaitu sebesar 30% hasil belajar peserta
didik tuntas dengan nilai rata-rata kelas sebesar 65,75, kemudian dilanjutkan dengan menerapkan strategi small group discussion pada siklus I yang meningkat menjadi 50% hasil belajar peserta didik tuntas dengan nilai rata-
rata kelas 79,25, kemudian dilanjutkan dengan siklus II yang juga meningkat menjadi 95% hasil belajar peserta didik tuntas dengan nilai rata-rata kelas
93,2. Berdasarkan hasil penelitian yang dipaparkan, tindakan perbaikan dengan strategi small group discussion menghasilkan perubahan yang sesuai dengan indikator keberhasilan yang diharapkan. Dengan demikian, penerapan strategi small group discussion dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran PAI dan Budi Pekerti di kelas VII A SMP Islam Tazkiyah Pontianak.