PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PUZZLE HEWAN TERHADAP PERKEMBANGAN MOTORIK HALUS PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TAMAN KANAK-KANAK (TK) ISLAMIYAH PONTIANAK

Show simple item record

dc.contributor.advisor Yapandi, Yapandi
dc.contributor.advisor Zulkarnain, Zulkarnain
dc.contributor.advisor Sapendi, Sapendi
dc.contributor.advisor Azzahra, Nurma Annisa
dc.contributor.author Putri, Hikmah Haryati
dc.date.accessioned 2025-01-06T05:03:22Z
dc.date.available 2025-01-06T05:03:22Z
dc.date.issued 2024-12-03
dc.identifier.citation Apa (American Psychological Association en_US
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/5615
dc.description.abstract HIKMAH HARYATI PUTRI, Pengaruh Penggunaan Media Puzzle Hewan Terhadap Perkembangan Motorik Halus Pada Anak di TK IslamiyahPontianak : Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Jurusuan Pendidikan IslamAnak Usia Dini Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak, 2024. Penelitian ini dilatarbelakangi karena pgengembangan keterampilan motorik halus sangat penting pada anak usia dini, namun pada kenyataannya guru maupun orang tua sering mengabaikan perekembangan pada anak,dengan ini peneliti tertarik menggunakan media puzzle untuk dapat membantu perkembangan motrik halus pada anak dengan menggunakan salah satu media yaitu puzzle selain anak senang bermain tanpa disadari juga dapat membantu mengkoordinasi pergerakan antara mata dan juga tangan. Permasalahan dari penelitian ini adalah (1) Bagaimana penggunaan media puzzle hewan pada anak di TK Islamiyah Pontianak. (2) Bagaimana perkembangan motorik halus pada anak di TK Islamiyah Pontianak (3) Bagaimana pengaruh penggunaan media puzzle hewan terhadap perkembangan motorik halus pada anak di TK Islamiyah Pontianak. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui penggunaan media puzzle hewan pada anak di TK Islamiyah Pontianak. (2) Untuk mengetahui perkembangan motorik halus pada anak di TK Islamiyah Pontianak. (3) Untuk mengetahui pengaruh penggunaan media puzzle hewan terhadap perkembangan motorik halus pada anak di TK Islamiyah Pontianak. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis Quasi Experimen yang menggunakan control group pretest dan posttest, lokasi penelitian di TK Islamiyah Pontianak. Populasi penelitian ini seluruh anak B1 dan B2 berjumlah 21 anak dengan sampel kelompok B1 berjumlah 10 anak. Variabel bebas pada penelitian yaitu pengaruh media puzzle sedangkan variabel terikat yaitu perkembangan motorik halus. Teknik dalam pengumpulan data menggunakan observasi,tes, dokumen. Instrumen pengumpulan data yang digunakan lembar observasi, ceklist, dan dokumen pendukung Teknik analisis data menggunakan teknik statistik infersial (uji normalitas, homogenitas, hipotesis) dan statistik deferensial (mean). Dari hasil dapat disimpulkan bahwa : 1) Penerapan media puzzle pada anak termasuk dalam kategori sangat baik karena semua langkah-langkah dalam penerapan media puzzle telah diterapkan secara sistematis. 2) perkembangan motorik halus anak kelas kontrol tahap pre-test 7,09 sebesar dan pada tahap posttest sebesar 8,00. Sedangkan pada kelas eksperimen diperoleh nilai rata-rata pada tahap pre-test 8,70 sebesar dan pada tahap post-test sebesar 9,80. 3) Hasil uji-t diperoleh nilai sebesar Sig 0,000 < 0,05 maka Ho ditolak san Ha diterima artinya terdapat perbedaan dari penerapan media puzzle hewan terhadap perkembangan motorik halus pada anak di TK Islamiyah Pontianak. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN Pontianak en_US
dc.subject Media Puzzle en_US
dc.subject perkembangan Motorik Halus en_US
dc.title PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PUZZLE HEWAN TERHADAP PERKEMBANGAN MOTORIK HALUS PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TAMAN KANAK-KANAK (TK) ISLAMIYAH PONTIANAK en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account