Abstract:
NOFIANTI,Tingkat Pemahaman Materi Fiqh Peserta Didik Kelas VIII Di MTsN 2 Pontianak dalam penerapan kurikulum merdeka belajar. Skripsi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Pontianak. 2024.
Penelitian ini dilatar belakangi oleh tingkat pemahaman materi fiqh peserta didik kelas VIII di MTsN 2 Pontianak dalam penerapan kurikulum merdeka belajar. Berdasarkan hasil pra wawancara diperoleh bahwa tingkat pemahaman peserta didik terhadap materi fiqh berada pada tingkatan yang beragam, mulai dari cukup baik hingga baik. Sebagian besar siswa memahami konsep dasar fiqh. Kemudian hasil pra observasi diperoleh bahwa suasana pembelajaran fiqh di kelas VIII MTsN 2 Pontianak berlangsung cukup baik, dengan partisipasi siswa yang aktif, tetapi penggunaan metode ceramah yang dominan cenderung membuat beberapa siswa kehilangan fokus, terutama pada materi yang lebih teoretis.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan data tentang: 1) Bagaimana tingkat pemahaman materi fiqh peserta didik kelas VIII di MTsN 2 Pontianak dalam bidang pengetahuan, 2) Bagaimana tingkat pemahaman materi fiqh peserta didik kelas VIII di MTsN 2 Pontianak dalam bidang keterampilan, 3) Apa saja materi yang dikembangkan oleh guru fiqh dalam pembelajaran kurikulum merdeka belajar.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif untuk memperoleh data. Sumber data penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII MTsN 2 Pontianak. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara , observasi, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan metode deskriptif model Miles dan Hubarman dengan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi. Teknik pemeriksaan keabsahan data menggunakan trianggulasi data.
Berdasarkan data dan hasil analisis, dapat disimpulkan sebagai berikut: 1) Tingkat pemahaman peserta didik kelas VIII di MTsN 2 Pontianak terhadap materi fiqh di bidang pengetahuan cukup baik, Penggunaan teknologi dan media pembelajaran interaktif terbukti membantu peserta didik memahami materi dengan lebih baik, 2) Tingkat pemahaman materi fiqh peserta didik di MTsN 2 Pontianak dalam di bidang keterampilan cukup baik, Penggunaan teknologi dan metode pembelajaran interaktif terbukti membantu, di mana peserta didik yang menggunakan alat bantu teknologi seperti video tutorial dan aplikasi simulasi menunjukkan peningkatan keterampilan yang lebih baik, 3) Materi yang dikembangkan oleh guru fiqh dalam kurikulum merdeka belajar,memberikan kebebasan bagi guru untuk membuat materi pembelajaran yang lebih relevan dan sesuai dengan kebutuhan peserta didik.