Abstract:
DIAH SAHARANI, (12005001). Efektivitas Media Sosial Instagram
@hipontianak Terhadap Penyebaran Informasi Berita : Fakultas
Ushuluddin, Adab dan Dakwah Program Studi Komunikasi dan Penyiaran
Islam Institut Agama Islam Negeri Pontianak Tahun 2024.
Tujuan penelitian ini adalah untuk : 1) Mengetahui karakteristik
individu pada akun media sosial Instagram @hipontianak; 2) Mengetahui
hubungan antara karakteristik individu dengan efektivitas penyebaran
informasi berita; 3) Mengetahui hubungan antara tingkat keterdedahan
media sosial Instagram dengan efektivitas penyebaran informasi berita.
Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif
deskriptif dengan metode survei. Teknik pengambilan sampel
menggunakan random sampling, dengan jumlah sampel penelitian
sebanyak 100 responden yang merupakan followers akun Instagram
@hipontianak.
Berdasarkan pada analisis yang dilakukan, maka peneliti
menyimpulkan bahwa : 1) Karakteristik individu pada akun media sosial
instagram @hipontianak ditinjau dari segi umur didominasi oleh individu
berumur 21-25 tahun (gen Z), dengan jenis kelamin terbanyaknya yaitu
laki-laki. Sementara jika ditinjau dari jenis pekerjaannya yang paling
mendominasi adalah karyawan swasta. Selain itu, didapati riwayat
pendidikan terbanyaknya pada tingkat SMA/MA/SMK. Kemudian jika
ditinjau dari penggunaan media sosial terbanyaknya yaitu WhatsApp; 2)
Tidak ada hubungan antara karakeristik individu pada akun media sosial
instagram @hipontianak berupa jenis kelamin, pendidikan dan
penggunaan media sosial dengan efektivitas penyebaran informasi berita
pada semua aspek secara signifikan. Sedangkan pada karakteristik
individu berupa umur dengan efektivitas penyebaran informasi berita,
menujukkan ada hubungan pada aspek konatif secara signifikan. Pada
karakteristik individu berupa pekerjaan dengan efektivitas penyebaran
informasi berita menujukkan ada hubungan pada aspek afektif dan konatif
secara signifikan; 3) Ada hubungan antara tingkat keterdedahan media
sosial instagram berupa frekuensi, durasi dan pesan dengan efektivitas
penyebaran informasi berita pada semua aspek berupa kognitif, afektif dan
konatif secara signifikan.