TINJAUAN STRUKTURAL FUNGSIONAL RUMPUN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BERBASIS KURIKULUM MERDEKA DI MAN 3 PONTIANAK

Show simple item record

dc.contributor.advisor Herlambang, Hermansyah
dc.contributor.advisor Kurniawan, Syamsul
dc.contributor.advisor Kurnanto, M.Edi
dc.contributor.advisor Mujahidah, Nelly
dc.contributor.author QALAM, M.NUZURUL
dc.date.accessioned 2024-12-24T01:30:04Z
dc.date.available 2024-12-24T01:30:04Z
dc.date.issued 2024-10-21
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/5565
dc.description.abstract M. Nuzurul Qalam, dengan NIM 2224100704, 2022. Tinjauan Struktural Fungsional Rumpun Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis Kurikulum Merdeka Di MAN 3 Pontianak. Institut Agama Islam Negeri Pontianak. Penelitian ini menganalisis struktural fungsional terhadap rumpun pembelajaran pendidikan agama islam berbasis kurikulum merdeka yang saat ini sudah diterapkan di MAN 3 Pontianak. Sehingga, penerapan kurikulum yang baru ini, memicu kesenjangan bagi para penggeraknya yaitu guru rumpun PAI (Aqidah Akhlak, Fikih, SKI, dan Al-Qur’an Hadist). Adapun penerapan kurikulum di madrasah ini dimulai berdasarkan edaran dari Kementrian Agama. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi: a) Adaptasi rumpun pembelajaran PAI berbasis kurikulum merdeka di Madrasah Aliyah Negeri 3 Pontianak. b) Pencapaian tujuan rumpun pembelajaran PAI berbasis kurikulum merdeka di Madrasah Aliyah Negeri 3 Pontianak. c) Integrasi rumpun pembelajaran PAI berbasis kurikulum merdeka di Madrasah Aliyah Negeri 3 Pontianak. d) Pemeliharaan pola rumpun pembelajaran PAI berbasis kurikulum merdeka di Madrasah Aliyah Negeri 3 Pontianak. Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Adapun sumber datanya diperoleh dari hasil studi lapangan meliputi data primer yang diperoleh dari kepala madrasah, guru rumpun PAI, dan siswa. Data sekunder seperti data yang diperoleh dari dokumentasi MAN 3 Pontianak. Sementara prosedur pengumpulan datan melalui observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Sedangkan analisis data penelitian ini mengikuti aturan dari analisis grounded theory dengan tahapan open coding, aksial coding, dan selective coding. Adapun hasil dari tesis ini menunjukkan diantaranya: pertama, dari sudut pandang adaptation (adaptasi), dapat dilihat pada lingkungan fisik masih belum memadai, seperti keterbatasan infokus. Sementara lingkungan sosial, menunjukan, guru-guru x rumpun PAI masih menyesuaikan diri terhadap model pembelajaran berdeferensiasi. Kedua, Dari sudut pandang goal attainment (pencapaian tujuan), MAN 3 Pontianak mampu menghasilkan dokumen kurikulum operasional madrasah (KOM) dengan merujuk pada KMA 450 tahun 2024, serta Dirjen Pendis 3211 tahun 2022. Merumuskan visi dan misi, serta tujuannya. Sementara, dari upaya pencapaiannya dengan evaluasi sumatif dan formatif, evaluasi kegiatan belajar mengajar (KBM). Ketiga, dari sudut pandang integration (integrasi), madrasah telah membangun hubungan kepada orang tua peserta didik, maysarakat, serta hubungan kepada pemerintah melalui regulasi dan kebijakan. Keempat, dari sudut pandang latency (pemeliharaan pola), yakni adanya sosialisasi, pelatihan berkelanjutan, melakukan supervisi, serta kegiatan keagamaan seperti salat duha, dhuhur, jum’at berjama’ah, tadarusan, kultum, partisipasi dalam kegiatan PHBI, serta aktifitas berbasis kearifan lokal seperti robo-robo, dan kegiatan ekstrakurikuler seperti fardhu kifayah, tahfidz, kaligrafi, dan hadrah. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN PONTIANAK en_US
dc.subject Struktural Fungsional en_US
dc.subject Rumpun Pembelajaran PAI en_US
dc.subject Kurikulum Merdeka en_US
dc.subject Madrasah en_US
dc.title TINJAUAN STRUKTURAL FUNGSIONAL RUMPUN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BERBASIS KURIKULUM MERDEKA DI MAN 3 PONTIANAK en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account