Abstract:
HAFIZIN ALZAM. 11901351 Pengaruh Penggunaan Televisi Terhadap Minat Belajar Fiqih Pada Peserta Didik Kelas XI Putra MA Khulafaur Rasyidin Tahun Ajaran 2023/2024: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Prodi Pendidikan Agama Islam Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak, 2024.
Penelitian ini bertujuan untuk menjawab 3 rumusan masalah penelitian. Pertama, Membandingkan minat belajar peserta didik kelas XI Putra MA Khulafaur Rasyidin pada mata pelajaran fiqih tahun ajaran 2023/2024 tanpa menerapkan televisi; Kedua, Membandingkan minat belajar peserta didik kelas XI Putra MA Khulafaur Rasyidin pada mata pelajaran fiqih tahun ajaran 2023/2024 setelah menerapkan televisi; Ketiga, Menguraikan pengaruh minat belajar peserta didik kelas XI Putra MA Khulafaur Rasyidin pada mata pelajaran fiqih tahun ajaran 2023/2024.
Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif dengan pendekatan kuantitatif dan berjenis expost facto. Populasi penelitian ini adalah seluruh kelas XI Putra MA Khulafaur Rasyidin yang berjumlah 65 peserta didik dengan sampel 2 kelas yaitu kelas XI MIA berjumlah 15 peserta didik dan kelas XI IIS berjumlah 15 peserta didik. Teknik pengambilan sample menggunakan Simple Random Sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner, observasi dan dokumentasi. Instrumen pengumpulan data menggunakan lembar kuesioner, pedoman observasi dan daftar dokumentasi. Uji validitas dan reliabilitas menggunakan rumus matriks gregory, Bivariate Pearson dan Crobach’s Alpha. Teknik analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif dan Independent Sample T-test.
Hasil penelitian telah menjawab seluruh tujuan penelitian: Pertama, minat belajar peserta didik tanpa menggunakan televisi memiliki rata-rata nilai 6,2 untuk kelas XI IIS yang artinya minat belajar peserta didik kelas XI IIS lebih rendah daripada minat belajar peserta didik kelas XI MIA. Kedua, minat belajar peserta didik setelah menggunakan televisi memiliki rata-rata nilai 9,2 untuk kelas XI MIA yang yang artinya minat belajar peserta didik kelas XI MIA lebih rendah daripada minat belajar peserta didik kelas XI IIS. Ketiga, hasil analisis kelas XI MIA dengan rata-rata 9,2 dan rata-rata nilai kelas XI IIS 6,2 diketahui taraf signifikansi 0,00 < 0,05 yang artinya Ha diterima dan Ho ditolak dengan kesimpulan bahwa “Terdapat perbedaan yang signifikan dalam penggunaan televisi terhadap minat belajar peserta didik kelas XI Putra pada mata pelajaran fiqih”.