HASIL BELAJAR FIQIH MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DI MADRASAH TSANAWIYAH TEKNOLOGI INFORMATIKA AL-MADANI PONTIANAK

Show simple item record

dc.contributor.advisor Rahmatullah, Muhammad
dc.contributor.advisor Aziz, Abdul
dc.contributor.advisor Wahab, Wahab
dc.contributor.advisor Sukino, Sukino
dc.contributor.author ANNISA, ANNISA
dc.date.accessioned 2024-12-13T03:08:49Z
dc.date.available 2024-12-13T03:08:49Z
dc.date.issued 2024-10-19
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/5543
dc.description.abstract ANNISA. Hasil Belajar Fiqih Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning di MTs Teknologi Informatika Al-Madani Pontianak. Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak, 2024. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan pada hasil belajar Fiqih peserta didik kelas IX MTs TI Al-Madani Pontianak yang memiliki nilai rata-rata di bawah KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal), yaitu sebesar 75. Hal ini dibuktikan dari data hasil ulangan semester ganjil peserta didik yang tidak tuntas sebanyak 47 atau 60% dari 80 peserta didik pada tahun ajaran 2023/2024. Berdasarkan fakta tersebut maka penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan: 1) Pelaksanaan model Problem Based Learning dalam pembelajaran Fiqih di kelas IX MTS Teknologi Informatika Al-Madani Pontianak, 2) Hasil belajar Fiqih menggunakan model Problem Based Learning di kelas IX MTS Teknologi Informatika Al-Madani Pontianak. Jenis penelitian ini menggunakan metode deskriptif. Pendekatan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dan kuantitatif atau disebut dengan metode campuran (Mixed Method). Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sumber data dalam penelitian ini adalah guru Fiqih dan peserta didik kelas IX A1. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas IX A1 yang berjumlah 17 peserta didik yang merupakan perwakilan dari kelas IX MTs TI Al-Madani Pontianak. Berdasarkan analisis data dan pembahasan, maka dapat disimpulkan bahwa: 1) Pelaksanaan model Problem Based Learning dalam pembelajaran Fiqih di kelas IX MTs TI Al-Madani Pontianak, meliputi orientasi peserta didik terhadap masalah, mengorganisasikan peserta didik untuk belajar, membimbing peserta didik dalam penyelidikan individual dan kelompok, mengembangkan dan menyajikan hasil karya peserta didik, menganalisis dan mengevaluasi hasil pemecahan masalah. 2) Hasil belajar Fiqih menggunakan model Problem Based Learning di kelas IX MTs TI Al-Madani Pontianak, dengan menggunakan model Problem Based Learning terlihat bahwa hasil belajar peserta didik dalam mata pelajaran Fiqih pada materi riba kelas IX MTs TI Al-Madani Pontianak memperoleh nilai yang tinggi. Hal tersebut menunjukkan bahwa, hasil belajar pada tes awal (pretest) nilai rata-rata peserta didik kelas IX A1 hanya 66,47 dan peserta didik yang tuntas di kelas IX A1 sebanyak 5 (29,4%) peserta didik dari 17 peserta didik kelas IX A1. Sedangkan pada hasil belajar pada tes akhir (posttest) nilai rata-rata meningkat menjadi 82,94 kelas IX A1 dan peserta didik yang tuntas sebanyak 14 (82,35%) peserta didik dari 17 peserta didik kelas IX A1. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN Pontianak en_US
dc.subject Hasil Belajar Fiqih en_US
dc.subject Model Problem Based Learning en_US
dc.title HASIL BELAJAR FIQIH MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DI MADRASAH TSANAWIYAH TEKNOLOGI INFORMATIKA AL-MADANI PONTIANAK en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account