UPAYA GURU PAI DALAM MENGATASI KESULITAN MEMBACA AL- QUR'AN PADA PESERTA DIDIK KELAS VIII DI SMPN 3 TEBELIAN SINTANG TAHUN AJARAN 2022/2023

Show simple item record

dc.contributor.advisor Usman, Usman
dc.contributor.advisor Susanto, Rizki
dc.contributor.advisor Kurniawan, Syamsul
dc.contributor.advisor Sari, Nopita
dc.contributor.author Sani, Peni Nurtiya
dc.date.accessioned 2024-12-09T07:38:39Z
dc.date.available 2024-12-09T07:38:39Z
dc.date.issued 2024-10-28
dc.identifier.citation APA Style en_US
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/5506
dc.description.abstract PENI NURTIYA SANI, Upaya Guru PAI dalam Mengatasi Kesulitan Membaca Al-Qur’an pada Peserta Didik Kelas VIII di SMPN 3 Tebelian Sintang Tahun Ajaran 2023/2024.: Skripsi Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi Pendidikan Agama Islam Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak, 2024. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan: (1) Kemampuan membaca Al-Qur’an peserta didik kelas VIII di SMPN 3 Tebelian Sintang; (2) Upaya guru PAI dalam mengatasi kesulitan membaca Al-Qur’an pada peserta didik kelas VIII di SMPN 3 Tebelian Sintang; (3) Faktor penghambat guru PAI dalam mengatasi kesulitan membaca Al-Qur’an pada peserta didik kelas VIII di SMPN 3 Tebelian Sintang. Penelitian ini termasuk penelitian pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Sumber penelitian ini terdiri dari sumber primer dan sumber sekunder. Sumber primer berupa wawancara dengan guru mata pelajaran pendidikan agama Islam serta peserta didik kelas VIII di SMPN 3 Tebelian Sintang. Sumber sekunder berupa dokumentasi data arsip sekolah. Teknik yang digunakan untuk pengumpulan data adalah tes, wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan menyimpulkan. Hasil penelitian ini diketahui bahwa: 1) Kemampuan membaca Al-Qur’an surah Al-Ikhlas 1-4 peserta didik kelas VIII yang tuntas terdiri dari 18 dari 33 peserta didik, mampu membaca surah Al-Ikhlas dengan baik dan benar. 2) Upaya guru PAI mengatasi kesulitan membaca Al-Qur’an pada peserta didik kelas VIII terdiri dari a) Menyediakan waktu 30 menit bagi peserta didik untuk membaca Al-Qur’an sebelum masuk materi pembelajaran PAI; b) Memberdayakan peserta didik sebagai tutor teman sebaya membaca Al-Qur’an; c) Membiasakan peserta didik membaca 3 surah pendek; d) Memberikan motivasi. 3) Faktor penghambat guru PAI dalam mengatasi kesulitan membaca Al-Qur’an pada peserta didik terdiri dari a) minimnya fasilitas pembelajaran di sekolah seperti buku Iqra, Al-Qur’an dan Juz’Ama; b) Kemampuan pemahaman peserta didik yang bervariasi; c) Kurangnya tenaga pengajar dan alokasi waktu pembelajaran. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN PONTIANAK en_US
dc.subject Upaya Guru PAI en_US
dc.title UPAYA GURU PAI DALAM MENGATASI KESULITAN MEMBACA AL- QUR'AN PADA PESERTA DIDIK KELAS VIII DI SMPN 3 TEBELIAN SINTANG TAHUN AJARAN 2022/2023 en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account