PENINGKATAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING PADA SISWA KELAS VII C DI SMP NEGERI 2 PONTIANAK TAHUN PELAJARAN 2023/2024

Show simple item record

dc.contributor.advisor Razi, Fahrul
dc.contributor.advisor Zurayah, Helva
dc.contributor.advisor Khairawati, Khairawati
dc.contributor.advisor Mansur, Mansur
dc.contributor.author SYARI’AH, KHAIRUN
dc.date.accessioned 2024-11-28T08:09:58Z
dc.date.available 2024-11-28T08:09:58Z
dc.date.issued 2024-07-25
dc.identifier.citation appa style en_US
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/5475
dc.description.abstract KHAIRUN SYARIAH. Peningkatan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning Pada Siswa Kelas VII C Di SMP Negert 2 Pontianak Tahun Pelajaran 2023/2024. Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI) Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak, 2024 Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada pembelajaran pendidikan agama Islam di SMP Negeri 2 Pontianak. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan hasil belajar siswa pada pembelajaran pendidikan agama Islam sebelum dan sesudah menerapkan model PBL menjelaskan langkah-langkah pelaksanaannya. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus dengan tahapan perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Pendekatan penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Alat pengumpul data yang digunakan yaitu: 1) Lembar observasi; 2) dokumentasi proses pembelajaran, bahan ajar, dan arsip tertulis yang berhubungan dengan objek yang akan di teliti; 3) Instrument tes berupa soal isian serta melalui teknik pengumpulan data secara observasi, tes dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menemukan bahwa 1) Pada pra siklus sebelum menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) hasil belajar siswa memperoleh nilai rata-rata sebesar (65,18) termasuk dalam kategori sangat kurang baik, dengan perolehan persentase ketuntasan sebesar (14,81%). 2) Pelaksanaan pembelajaran pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dilaksanakan pada siklus 1 dan siklus II. Kegiatan pelaksanaan pembelajaran yang telah dilaksanakan telah sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran yang dirancang. 3) Setelah menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terdapat peningkatan hasil belajar Pendidikan Agama Islam (PAI) yaitu pada siklus 1 memperoleh nilai rata- rata sebesar (77,40) termasuk dalam kategori cukup baik dengan persentase (59,25%) dan pada siklus II hasil belajar Pendidikan Agama Islam (PAI) memperoleh nilai rata-rata sebesar (82,03) termasuk dalam kategori sangat baik dengan persentase (100%). 4) Terjadi peningkatan hasil belajar dari pra siklus ke siklus I sebesar 12,22%, dari siklus I ke siklus II sebesar 4,63%, dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan pada setiap siklus dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN PONTIANAK en_US
dc.subject Hasil Belajar en_US
dc.subject Pendidikan Agama Islam en_US
dc.subject Model Pembelajaran Problem Based Learning en_US
dc.title PENINGKATAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING PADA SISWA KELAS VII C DI SMP NEGERI 2 PONTIANAK TAHUN PELAJARAN 2023/2024 en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account