Abstract:
Dina Wardahni, Evaluasi Program Ta'limul Afkar Menggunakan Model CIPPO (Context, Input, Process, Product, Outcome) dalam Mengembangkan Sikap Religius pada Mahasantri Ma'had Al-Jami'ah IAIN Pontianak. Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Pontianak, 2024.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kemampuan alumni IAIN Pontianak yang belum bisa membaca Al-Qur'an serta belum cukup memiliki pengetahuan tentang dasar-dasar agama Islam Maka dari itu Rektor mempunyai ikhtiar agar para alumni IAIN tidak seperti itu. Adapun berdasarkan intruksi dari pimpinan yang tertuang dalam SK Rektor IAIN Pontianak yang mana menegaskan untuk program ma 'had, maka didalam program itu ada program ta'limul afkar.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan, 1) Evaluasi terhadap Context Program Ta 'limul Afkar 2) Evaluasi terhadap Input Program Ta'limul Afkar 3) Evaluasi terhadap Process 4) Evaluasi terhadap Product Program Ta'limul Afkar 5) Evaluasi terhadap Outcome Program Ta'limul Afkar.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan metode penelitian evaluasi yang dilaksanakan pada Adapun lokasi penelitiannya yaitu di Ma'had Al- Jami'ah IAIN Pontianak. Tehnik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan studi dokumen dengan alat berupa perangkat elektronik (handphone) dan lembar observasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Context, dari program ta'limul afkar ialah karena kemampuan alumni IAIN Pontianak yang belum bisa membaca Al-Qur'an serta belum cukup memiliki pengetahuan tentang dasar-dasar agama Islam. 2) Input, kemampuan awal mahasantri setidaknya harus menguasai BTQ, akidah, dan fiqih terlebih dahulu namun jika belum menguasai tidak menjadi masalah. Sarana dan prasarana yaitu ada fasilitas gedung, di latar (aula), gazebo, kantor Ma'had, papan tulis, spidol, handphone dan buku. Sumber daya pada program ta'limul afkar yaitu ada para pembimbing/tutor. 3) Process, dari pelaksanaan dan perencanaan program ta'limul afkar. Ada beberapa step evaluasi pelaksanaan yaitu ada kegiatan awal, kegiatan inti, pembimbing/tutor menyampaikan materi sesuai dengan mata pelajaran dan melakukan praktek. Kegiatan penutup dilakukan dengan ujian komprehensif. 4) Product, mengukur program ta'limul afkar yaitu dengan evaluasi sumatif atau post test. 5) Outcome, dari program ta'limul afkar ini adalah manfaat program ta'limul afkar bagi mahasantri dan stakeholders.