ANALISIS KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DITINJAU DARI GAYA BELAJAR PADA PESERTA DIDIK KELAS VIII MTS AL-HIKMAH SIDANG

Show simple item record

dc.contributor.advisor Hasmy, Ali
dc.contributor.advisor Wahidah, Andina Nurul
dc.contributor.advisor Zulkarnain, Zulkarnain
dc.contributor.advisor Sari, Nopita
dc.contributor.author WIWID, WIWID
dc.date.accessioned 2024-11-14T00:54:19Z
dc.date.available 2024-11-14T00:54:19Z
dc.date.issued 2024-07
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/5430
dc.description.abstract WIWID, Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Ditinjau dari Gaya Belajar pada Peserta Didik Kelas VIII MTs Al-Hikmah Sidang: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi Tadris Matematika Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak, 2024. Tujuan penelitian ini yaitu: 1) menganalisis kemampuan komunikasi matematis peserta didik kelas VIII MTs Al-Hikmah Sidang; 2) menganalisis gaya belajar peserta didik kelas VIII MTs Al-Hikmah Sidang; dan 3) menganalisis perbedaan antara komunikasi matematis peserta didik ditinjau dari gaya belajar kelas VIII MTs Al-Hikmah Sidang. Penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian Ex-Post Facto. Jumlah populasi sebanyak 107 peserta didik, melalui teknik pengambilan sample yaitu stratified random sampling (𝛼 = 0,05) diperoleh sampel sebanyak 86 peserta didik. Teknik dan instrumen pengumpulan data terdiri dari: 1) teknik tes dengan instrumen tes essay; 2) teknik komunikasi tidak langsung dengan instrumen lembar angket tertutup; dan 3) teknik studi dokumen dengan instrumen dokumen dan foto. Instrumen telah diuji validitasnya menggunakan validitas isi dan konstruk, uji validitas isi menggunakan indeks lawshe diperoleh CVI=1,00, sedangkan uji validitas konstruk menggunakan analisis faktor konfirmatori non parametrik dengan software smart PLS versi 4, dengan kriteria loading factor 0,7 diperoleh 17 butir valid. Selanjutnya uji reliabilitas dengan cronbach alpha diperoleh 𝑟 = 0,881 untuk tes essay dan 𝑟 = 0,883 untuk lembar angket. Analisis data menggunakan uji kruskul-wallis. Berdasarkan pada analisis, diperoleh kesimpulan pertama kemampuan komunikasi matematis berada pada tingkat cukup dengan variasi tidak terlalu signifikan dengan nilai rata-rata yang konsisten di setiap kelas (VIII A: 76,3- 77,9, VIII B: 68,3-70,1 VIII C: 71,9-74,2) menunjukkan bahwa peserta didik mampu memahami dan menyampaikan konsep matematika dengan cukup melalui essay. Kedua gaya belajar kelas VIII A, B, C menyatakan bahwa peserta didik secara keseluruhan, cenderung pada gaya belajar campuran. Rata-rata skor angket untuk gaya belajar visual, auditorial, dan kinestetik masing-masing adalah 80,47, 79,47, dan 81,06, dengan skor rata-rata kinestetik sedikit lebih tinggi dibandingkan dengan visual dan auditorial. Ketiga kemampuan komunikasi matematis ditinjau dari gaya belajar menyatakan bahwa tidak ada perbedaan yang signifikan antara kemampuan komunikasi matematis dan gaya belajar peserta didik kelas VIII, sebagaimana ditunjukan oleh nilai signifikansi 0,074 > 0,05. Analisis posthoc menunjukan ada satu pasangan kelompok memberikan hasil yang berbeda signifikan dalam hal kemampuan komunikasi matematis yaitu antara kelompok peserta didik dengan gaya belajar (visual-auditorial) dan (visual-auditorialkinestetik). en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN Pontianak en_US
dc.subject Kemampuan Komunikasi Matematis en_US
dc.subject Gaya Belajar en_US
dc.title ANALISIS KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DITINJAU DARI GAYA BELAJAR PADA PESERTA DIDIK KELAS VIII MTS AL-HIKMAH SIDANG en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account