Abstract:
Keterampilan Guru Mengadakan Variasi Mengajar Mata Pelajaran
Pendidikan agama islam Dan Budi Pekerti Pada Siswa Kelas Viii Di Smpn 17
Pontianak Tahun Pelajaran 2023/2024. Program studi Pendidikan agama
islam(PAI) Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan (FTIK) institut agama islam
negeri(IAIN) Pontianak Tahun 2024
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui (1) keterampilan guru dalam
mengadakan variasi suara pada pembelajaran PAI dikelas VIII SMPN 17
Pontianak, (2) keterampilan guru dalam mengadakan variasi pemusatan perhatian
pada pembelajaran PAI di SMPN 17 Pontianak, (3) keterampilan guru dalam
mengadakan variasi kontak pandang pada pembelajaran PAI di kelas VIII SMPN
17 Pontianak, (4) keterampilan guru dalam mengadakan variasi kesenyapan pada
pembelajaran PAI kelas VIII SMPN 17 Pontianak, (5) keterampilan guru dalam
mengadakan variasi mimik dan gerak badan pada pembelajaran PAI kelas VIII
SMPN 17 Pontianak, (6) keterampilan guru dalam mengadakan variasi perpindahan
posisi guru pada pembelajaran PAI kelas VIII SMPN 17 Pontianak
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan jenis penelitian
deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah guru kelas VIII di SMP Negeri 17
Pontianak. Objek penelitian ini adalah penerapan variasi mengajar guru kelas VIII
di SMP Negeri 17 Pontianak. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu
metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini
yaitu dengan reduksi data dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data
menggunakan triangulai Teknik, member check dan ketekunan pengamatan.
Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan keterampilan guru dalam
mengadakan variasi mengajar pada mata pelajaran Pendidikan agama islam di
SMPN 17 Pontianak secara menyeluruh sudah tergolong cukup baik. Dilihat dari
hasil analisis yaitu: (1) penerapan variasi suara, dilakukan guru dengan
memvariasikan 4 komponen yaitu volume, intonasi, penekanan dan kecepatan suara
pada saat pembelajaran. (2) pemusatan perhatian dilakukan dengan menggunakan
kata kata verbal seperti perhatiakan baik-baik atau dengan kata dengarkan baik
baik, (3) untuk kesenyapan dilakukan pengajar selama pembelajaran dengan
menciptakan keheningan secara tiba-tiba sebagai isyarat kepada siswa untuk diam
dan kembali memperhatikan pembelajaran, (4) kontak pandang dilakukan dengan
mengarahkan pandangan keseluruh kelas secara merata dan khusus pada siswa
tertentu, seperti saat siswa mengajukan pertanyaan, (5) variasi gerak dan mimik
wajah dilakukan dengan mengubah ekspresi sesuai dengan materi yang
disampaikan dan (6) perpindahan posisi dilakukan guru dengan melakukan
perpindahan dari kiri kekanan, depan ke belakang serta dilakukan saat sesi tanya
jawab.