UPAYA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN KECERDASAN SPIRITUAL PADA PESERTA DIDIK KELAS IX DI SMP MUHAMMADIYAH 2 PONTIANAK TAHUN AJARAN 2021/2022

Show simple item record

dc.contributor.advisor Atmaja, Dwi Surya
dc.contributor.advisor Fitriyanto, Andry
dc.contributor.advisor Kurniawan, Syamsul
dc.contributor.advisor Lubis, Putri Handayani
dc.contributor.author Epiana, Epiana
dc.date.accessioned 2024-11-11T01:13:18Z
dc.date.available 2024-11-11T01:13:18Z
dc.date.issued 2024-10-09
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/5414
dc.description.abstract Epiana. 11711007. Upaya Guru Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan Kecerdasan spiritual pada Peserta Didik Kelas IX di SMP Muhammadiyah 2 Pontianak : Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi Pendidikan Agama Islam Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak, 2024. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap : Pertama, Untuk mengetahui bagaimana kecerdasan spiritual pada peserta didik kelas IX, Kedua, untuk mengetahui bagaimana upaya guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan kecerdasan spiritual pada peserta didik kelas IX, dan Ketiga, untuk mengetahui Apa faktor pendukung dan penghambat kecerdasan spiritual pada pesertadidik kelas IX. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Sumber data penelitian adalah Kepala Sekolah SMP Muhammadiyah 2 Pontianak dan Guru PAI kelas IX serta peserta didik yang terdiri dari tujuh orang. Teknik pengumpulan data dalam penelitianini berupa teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Proses pengecekan keabsahan data menggunakan teknik triangulasi dan member check. Penelitian ini berhasil mengungkapkan bahwa: Pertama, Kecerdasan spiritual yang dimiliki oleh peserta didik kelas IX di SMP Muhammadiyah 2 Pontianak belum terlihat menujukkan perilaku akhlak yang baik terhadap gurunya. Kedua, dalam meningkatkan kecerdasan spiritual pada peserta didik kelas IX ada 10 upaya yang dilakukan oleh guru yaitu : (a) menjaditeladan bagi peserta didik, (b) membantu peserta didik merumuskan misi hidup mereka, (c) mengajak peserta didik untuk membaca Al-Qur’an secara bersama-sama dan kemudian menjelaskan maknanya dalam kehidupan, (d) menceritakan pada peserta didik tentang kisah-kisah agung dari tokoh-tokoh spiritual, (e) mengajak peserta didik berdiskusi dalam berbagai persoalan dengan perspektif ruhaniah, (f) melibatkan peserta didik dalam kegiatan keagamaan, (g) membaca puisi-puisi atau lagu-lagu dan mendengarkan musik yang bersifat spiritual dan inspirasional, (h) mengajak peserta didik untuk kunjungan ke tempat-tempat orang yang menderita, (i) mengajak peserta didik menikmati keindahan alam dan, (j) mengikutsertakan peserta didik dalam kegiatan-kegiatan sosial. Ketiga, faktor pendukung dari upaya meningkatkan kecerdasan spiritual pada peserta didik yaitu dari lingkungan sekolah dan lingkungan masyarakat sedangkan faktor penghambatnya berasal dari lingkungan keluarga dan kurangnya sarana dan prasarana. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN PONTIANAK en_US
dc.subject Upaya Guru Pendidikan Agama Islam en_US
dc.subject Kecerdasan Spiritual en_US
dc.subject Peserta Didik en_US
dc.title UPAYA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN KECERDASAN SPIRITUAL PADA PESERTA DIDIK KELAS IX DI SMP MUHAMMADIYAH 2 PONTIANAK TAHUN AJARAN 2021/2022 en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account