Abstract:
ABSTRAK
ISMUNIARSIH 12001213, Pengembangan Media Scrapbook Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MTS Nurul Ummah Sungai Duri Kabupaten Bengkayang. Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI). Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak, 2024.
Penelitian ini dilatar belakangi oleh penggunaan media pada mata pelajaran SKI di MTS Nurul Ummah Sungai Duri Kabupaten Bengkayang yang masih bersifat konvensional, sehingga kemampuan berpikir kritis peserta didik kurang terasah. Penelitian ini bertujuan : 1) Untuk mengetahui perencanaan pengembangan media scrapbook. 2) Untuk mengetahui tahapan pengembangan media scrapbook. 3) Untuk mengetahui kelayakan, kepraktisan dan keefektifan media scrapbook.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian R&D dan model penelitian 4D dengan empat tahap yaitu define (pendefinisian), design (perancangan), development (pengembangan) dan disseminate (penyebarluasan). Subjek penelitiannya yaitu ahli media, materi, bahasa, guru SKI dan peserta didik kelas VIII. Teknik pengumpulan data berupa angket, tes dan dokumentasi. Sedangkan instrumen pengumpulan data berupa lembar angket dan tes kemampuan berpikir kritis. Analisis data menggunakan uji-t test berbantuan microsoft excel.
Hasil yang diperoleh yaitu : 1) Perencanaan pengembangan media pembelajaran scrapbook diawali dengan pra riset melalui observasi dan analisis RPP guru. 2) Tahapan pengembangan media pembelajaran scrapbook dilakukan validasi oleh para ahli yaitu ahli media, ahli bahasa dan ahli materi. 3) Kelayakan media scrapbook diperoleh dari validasi ahli media sebesar 90% sangat valid, ahli bahasa dengan persentase 83% sangat valid dan ahli materi sebesar 90% sangat valid. Adapun kepraktisan media scrapbook berdasarkan angket respon pendidik sebesar 75% baik/praktis dan angket respon seluruh peserta didik sebesar 76,6% baik/praktis. Keefektifan media diperoleh berdasarkan hasil pretest dan postest yang kemudian dilakuka uji t-test dengan hasil sig (2-tail) 0,00000 < 0,05 dengan H0 ditolak dan Ha diterima sehingga dapat dikatakan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara kemampuan berpikir kritis sebelum dan sesudah menggunakan media scrapbook, yang berarti media scrapbook efektif digunakan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik pada mata pelajaran SKI.
Kata kunci : Media Pembelajaran, Scrapbook, Kemampuan Berpikir Kritis.