Analisis Strategi Pengembangan Potensi Wisata Religi Makam Kesultanan Pontianak di Batulayang

Show simple item record

dc.contributor.advisor Wardi, Suhra
dc.contributor.advisor Purwoko, Arief Adi
dc.contributor.advisor Waldan, Raziki
dc.contributor.advisor Ilyas, Fitri Susanti
dc.contributor.author Aprillia, Klarissa Dita
dc.date.accessioned 2024-11-06T06:56:41Z
dc.date.available 2024-11-06T06:56:41Z
dc.date.issued 2024-11-06
dc.identifier.citation APA en_US
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/5410
dc.description.abstract KLARISSA DITA APRILLIA (12008023) Analisis Strategi Pengembangan Ekonomi Wisata Religi Makam Kesultanan Pontianak di Batulayang. Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah (FUAD) Program Studi Manajemen Dakwah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak, 2024 Tujuan utama dan pembahasan pada penelitian ini adalah untuk menemukan rekomendasi terkait bagaimana strategi SWOT pada pengembangan potensi wisata religi makam kesultanan Pontianak di Batulayang agar kedepannya menjadi lebih baik. Setelah dianalisis Sementara tujuan spesifik tersebut mengarah pada 1). Bagaimana kekuatan peluang pada pengembangan potensi wisata religi makam kesultanan Pontianak di Batulayang. 2). Bagaimana kelemahan peluang pada pengembangan potensi wisata religi makam kesultanan Pontianak di Batulayang. 3). Bagaimana kekuatan ancaman pada pengembangan potensi wisata religi makam kesultanan Pontianak di Batulayang. 4). Bagaimana kelemahan ancaman pada pengembangan potensi wisata religi makam kesultanan Pontianak di Batulayang. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kualitatif, yakni penelitian yang menggambarkan, mendeskripsikan, menjelaskan suatu objek, peristiwa, ataupun kejadian yang sedang berlangsung pada saat penelitian. Metode yang digunakan peneliti pada penelitian ini ialah metode analisis strategi SWOT dan dibantu teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Secara umum kesimpulan penelitian ini berdasarkan hasil analisis SWOT yang telah dijabarkan maka ada beberapa alternatif strategi yang dapat dilakukan sebagai berikut : Strategi SO 1). Mengembangkan potensi yang ada dengan menciptakan inovasi baru pada objek wisata, 2). Memperbaiki infrastruktur pendukung yang ada pada lokasi wisata. Strategi WO 1). Meningkatkan pemanfaatan teknologi untuk mendukung pengembangan informasi dan promosi pemasaran yang ada pada wisata, 2). Meningkatkan potensi wisata melalui kerjasama dengan pemerintah daerah. Strategi ST 1). Mengadakan kegiatan kegiatan yang bisa menunjang daya tarik wisatawan terhadap objek wisata religi dengan kegiatan berbasis agama, budaya atau sejarah, 2). Mempertahankan keunikan wisata bisa dengan didukung dengan pengembangan produk kerajinan dan makanan khas daerah untuk menunjang data tarik dan minat wisatawan terhadap keunikan yang ada pada objek wisata religi. Stategi WT 1). Memperbaiki tata kelola pada manajemen wisata religi, 2). Menjalin hubungan baik dan membangun relasi dengan wisatawa en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN PONTIANAK en_US
dc.subject Makam Kesultanan en_US
dc.subject SWOT en_US
dc.subject Wisata Religi en_US
dc.title Analisis Strategi Pengembangan Potensi Wisata Religi Makam Kesultanan Pontianak di Batulayang en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account