Abstract:
Tria Sadila, Pengaruh Penggunaan Sistem Pembayaran Shopee PayLater Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa IAIN Pontianak dalam Perspektif Islam. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Program Studi Manajemen Bisnis Syariah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan sistem pembayaran Shopee PayLater terhadap perilaku konsumtif mahasiswa iain pontianak. Judul ini dipilih karena fenomena belanja online yang semakin meningkat dan penggunaan metode pembayaran kredit seperti Shopee PayLater yang banyak diminati oleh konsumen, terutama di kalangan generasi muda. Adapun alasan mengapa peneliti memilih Manajemen Bisnis Syariah karena, mahasiswa Program Studi Manajemen Bisnis Syariah memiliki pemahaman mendalam tentang prinsip ekonomi syariah Sistem ini menawarkan kemudahan dalam bertransaksi dengan memberikan opsi pembayaran di kemudian hari, namun juga dapat mendorong perilaku konsumtif yang tidak sesuai dengan prinsip-prinsip ekonomi dalam Islam, seperti keadilan, keseimbangan, dan penghindaran dari riba. Dampak dari penggunaan Shopee PayLater mencakup meningkatnya kecenderungan untuk membeli barang-barang yang sebenarnya tidak dibutuhkan, serta potensi menumpuknya utang yang dapat menimbulkan masalah keuangan di masa depan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan metode deskriptif. Lokasi penelitian ini dilakukan di IAIN Pontianak yang beralamat di Jl. Letnan Jenderal Soeprapto No.19, Benua Melayu Darat, Kecamatan Pontianak Selatan, Kota Pontianak.Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan Non-probability sampling, dengan jumlah 85 responden dari pengguna Shopee Paylater. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner yang diolah dengan SPSS 23.
Hasil penelitian menunjukkan bahwasanya pada hasil pengujian analisis regresi linear sederhana variabel penggunaan sistem pembayaran Shopee Paylater berpengaruh positif terhadap variabel perilaku konsumtif sebesar Konstan 0,734 atau 73,4%. Berdasarkan uji t dan uji f masing-masing dengan nilai 0,000 atau lebih kecil dari tingkat signifikan yaitu sebesar 0,05 (0,000 < 0,05). Berdasarkan hasil koefisien determinasi yang menunjukkan nilai variabel sistem pembayaran Shopee PayLater 0,298 atau 29,8%, sedangkan sisanya disebabkan faktor lainnya.
Kata kunci : Sistem Pembayaran Shopee PayLater, Perilaku Konsumtif