Abstract:
TAUFIK HIDAYAT. 12001328. Pengaruh Penggunaan Media Flip Chart Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Pembelajaran Akidah Akhlak Di Kelas XI Madrasah Aliyah Manba’ushaffa Pontianak Timur. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Program Studi Pendidikan Agama Islam. Institut Agama Islam Negeri Pontianak. 2024
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil belajar peserta didik yang masih dalam kategori rendah dan masih dibawah nilai kriteria ketuntasan maksimal. Hal ini terjadi karena guru belum memaksimalkan penggunaan media yang bervariasi dan guru masih menggunakan metode ceramah dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan dan mendeskripsikan data tentang: 1) Penggunaan media flip chart pada pembelajaran akidah akhlak di kelas XI madrasah aliyah Manba’ushaffa Pontianak Timur; 2) Hasil belajar peserta didik dari penggunaan media flip chart pada pembelajaran akidah akhlak di kelas XI madrasah aliyah Manba’ushaffa Pontianak Timur; 3) Pengaruh yang signifikan dari penggunaan media flip chart pada pembelajaran akidah akhlak di kelas XI madrasah aliyah Manba’ushaffa Pontianak Timur.
Penelitian ini termasuk kuantitatif dengan jenis penelitian pre-ekperimen desain one group pre-test post-test, data dianalisis menggunakan statistik deskriptif dan analisis inferensial menggunakan aplikasi pengolah data SPSS versi 16. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XI yang berjumlah sebesar 22 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, teknik tes, dan teknik dokumentasi. Instrumen untuk mengumpulkan data yang dipergunakan berbentuk tes pilihan ganda dan essay, observasi, dan dokumentasi.
Berdasarkan data dan hasil analisis disimpulkan sebagai berikut: (1) Penggunaan media flip chart dalam pembelajaran akidah akhlak di kelas XI madrasah aliyah Manba’ushaffa Pontianak Timur memperoleh angka 80% dengan persentase baik; (2) Hasil belajar peserta didik kelas XI pada pembelajaran akidah akhlak di madrasah aliyah Manba’ushaffa Pontianak Timur pada diperoleh nilai rata-rata pre-test sebesar 54,34 dengan persentase kurang dan nilai rata-rata post-test sebesar 81,18 dengan persentase baik dan nilai ketuntasan sebesar 95,5% dengan kategori sangat baik; (3) Terdapat pengaruh yang signifikan dari penggunaan media flip chart terhadap hasil belajar peserta didik pada pembelajaran akidah akhlak di kelas XI madrasah aliyah Manba’ushaffa Pontianak Timur berdasarkan uji hipotesis dengan uji t menunjukkan nilai Sig (2-tailed) sebesar 0,002 dengan tarif signifikan 0,05. Hasil perhitungan tersebut menunjukkan bahwa nilai Sig (2-tailed) lebih kecil dari nilai 0,05 (5%)