Abstract:
FITRI NURHALIZA. Kompetensi Guru PAI dalam Penyusunan Perangkat Pembelajaran di SMAN 1 Sungai Ambawang Tahun Ajaran 2023/2024. Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak, 2024.
Perangkat pembelajaran adalah panduan bagi guru dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran dalam proses belajar mengajar. Oleh karena itu, guru harus memiliki kompetensi dalam menyusun perangkat pembelajaran. Namun, terdapat masalah seperti guru PAI tidak secara konsisten membuat perangkat pembelajaran.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) Perangkat pembelajaran yang disiapkan guru PAI di SMAN 1 Sungai Ambawang, 2) Kompetensi guru PAI dalam menyusun perangkat pembelajaran di SMAN 1 Sungai Ambawang, 3) Kendala guru PAI dalam menyusun perangkat pembelajaran di SMAN 1 Sungai Ambawang.
Penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data (display data), kesimpulan (verifikasi). Pemeriksaan keabsahan data yang digunakan adalah triangulasi dan member check.
Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: 1) Perangkat pembelajaran yang disiapkan guru PAI di SMAN 1 Sungai Ambawang yaitu: Kalender pendidikan, Program Tahunan, Program Semester, Silabus dan RPP, 2) Kompetensi guru PAI dalam menyusun perangkat pembelajaran di SMAN 1 Sungai Ambawang sudah baik, ditinjau dari penyusunan perangkat pembelajaran oleh guru PAI sesuai dengan komponen dalam peraturan pemerintahan No. 22 tahun 2016 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah, 3) Kendala Guru PAI di SMAN 1 Sungai Ambawang dalam penyusunan perangkat pembelajaran adalah keterbatasan waktu dan perubahan kurikulum.