Abstract:
BUNAYA, Internalisasi Nilai Karakter Melalui Ekstrakurikuler Pramuka Pada Siswa Kelas VII DI MTS Al-Muhajirin Sungai Kakap. Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI) Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) Institut Agama Islam (IAIN) Pontianak 2024.
Penelitian ini latarbelakangi yakni terdapat kekurangan dalam kegiatan kepramukaan di sekolah diantaranya kegiatan kepramukaan hanya berupa teori di kelas, siswa tidak fokus mengikuti kegiatan kepramukaan, kurangnya rasa percaya diri pada siswa. Berdasarkan latar belakang tersebut, maka fokus yang dikaji dalam penelitian ini yaitu 1) Apa Nilai-nilai karakter melalui ekstrakurikuler pramuka pada siswa kelas VII di MTs Al-Muhajirin Sungai Kakap? 2) Bagaimana Internalisasi nilai karakter melalui ekstrakurikuler pramuka pada siswa kelas VII di MTs Al-Muhajirin Sungai Kakap?. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan 1) Nilai-nilai karakter melalui ekstrakurikuler pramuka pada siswa kelas VII di MTs Al-Muhajirin Sungai Kakap 2) Internalisasi nilai karakter melalui ekstrakurikuler pramuka pada siswa kelas VII di MTs Al-Muhajirin Sungai Kakap.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif untuk memperoleh data. Pengumpulan data melalui sumber primer diperoleh melalui serangkain teknik wawancara kepada kepala sekolah, wakil kepala kesiswaan, wali kelas, pembina pramuka, siswa. Data sekunder melalui analisis dokumen seperti profil sekolah, visi, misi sekolah. Data didapat kemudian di analisis dengan teknik analisis data reduksi data, penyajian data dan juga verifikasi data secara langsung. Keabsahan data diverifikasi melaui triangulasi sumber dan teknik.
Hasil penelitian ini menunjukan : 1) Nilai-nilai karakter yang ada pada esktrakurikuler Pramuka yang diterapkan diantaranya nilai karakter religius, jujur, disiplin, mandiri, kreatif, tanggung jawab, kerja keras, peduli lingkungan. 2) Internalisasi nilai karakter melalui ekstrakurikuler pramuka dilakukan dengan beberapa cara, yaitu melalui kegiatan upacara (terdiri dari nilai karakter disiplin, religius, tanggung jawab), perkemahan (nilai karakter mandiri, tanggung jawab, disiplin, peduli lingkungan), penjelajahan (nilai karakter mandiri, tanggung jawab, disiplin, kerja sama, kreatif, peduli lingkungan.) dan latihan rutin untuk nilai karakter yang diinternalisasikan di dalam pelaksanaan latihan diantaranya PBB (terdiri dari nilai karakter disiplin dan tanggung jawab), Semaphore ( terdiri dari nilai karakter disiplin, tanggung jawab, dan kreatif), Tali temali (Terdiri dari nilai karakter disiplin, kreatif, mandiri, kerja keras, dan tanggung jawab), Membaca sandi ( terdiri dari nilai karakter tanggung jawab dan kerja sama), Pencapaian SKU dan SKK (terdiri dari nilai karakter tanggung jawab) .