Abstract:
NOR HIKMAH (11915058) “pengaruh e-promotion dan manajemen layanan jasa rias pengantin terhadap kepuasan pelanggan pada jasa tata rias pengantin ika langen rias pengantin”. Program Studi Manajemen Bisnis Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Institut Agama Islam Negeri Pontianak, 2023.
Diera digital internet yang semakin maju ini tidak dapat dipungkiri bahwa penggunaan media internet adalah salah satu yang digunakan dalam mempromosikan sebuah produk agar dapat dikenal oleh khalayak umum, fitur-fitur yang ada juga lebih membermudah bagi calon pelanggan mengetahui sebuah produk yang di tawarkan. Bagi pemilik usaha yang bergerak pada bidang jasa maupun barang sangat penting adanya manajeman layanan sebangai sarana pendukung dalam keberhasilan usaha. Pelayanan merupakan setiap kegiatan yang diperuntukkan atau ditujukan untuk memenuhi kebutuhan pelanggan sehingga dapat menciptakan kepuasan bagi pelanggan. Usaha yang bergerak pada bidang jasa seperti tata rias sering mengunakan media internet dalam mempromosikan produk yang ditawarkan, hal ini tentunya membantu dalam jalannya usaha dan didukung oleh manajeman pelayanan yang bagus sehingga dapat memenuhi kebutuhan sehinggan menciptakan kepuasan pada pelanggan. Adanya e-promotion dan manajeman layanan pada sebuah usaha menetukan kepuasan pelanggan terhadap produk yang dibeli. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Untuk Mengetahui Pengaruh e-promotion terhadap kepuasan pelanggan, (2) Untuk Mengetahui Pengaruh menajeman layanan terhadap kepuasan pelanggan, (3) Untuk Mengetahui Pengaruh e-promotion dan manajeman layanan terhadap kepuasan pelnggan.
Penelitian ini, peneliti menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode deskriptif. Bentuk data yang dipakai dalam data kuantitatif merupakan data cross section, Dalam pengambilan sampel penelitian ini dilakukan dengan Teknik rendom sampling. Alasan menggunakan rendom sampling karena keterbatsan terhadap populasi dan untuk mengurangi bias pada data yang diolah dalam menetukan jumlah sampel mengunakan rumus slovin dan didapatkan sampel sebanyak 100 sampel. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan menggunakan metode skala likert. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif, uji instrumen penelitian, uji asumsi klasik, dan analisis regresi linear berganda.
Hasil dari penelitian ini diketahui bahwa e-promotion berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan, manajeman layanan tidak berpengaruh positif dan signifikat terhadap kepuasan pelanggan.