Abstract:
Dhea Ardanea, 11915067. “Strategi Pengembangan Usaha Kerajinan Tangan Tenun Khatulistiwa Pada Era Digitalisasi”.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi yang digunakan oleh usaha tenun Khatulistiwa baik dari Strategi Pengembangan Usaha maupun Pemasaran pada Era Digitalisasi.
Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini berupa metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Dalam penelitian ini, peneliti mewawancarai beberapa narasumber yaitu Owner Usaha Tenun Khatulistiwa, Karyawan Tetap Usaha Tenun Khatulistiwa, dan Penenun Setempat.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Strategi Pengembangan Usaha yang diterapkan menggunakan Strategi Pengembangan Usaha yang meliputi produksi, pengelolaan, sumber daya manusia, dan desain produk. Usaha tenun Khatulistiwa cukup dikenal hingga kemancanegara dengan menggunakan Strategi Pemasaran yang diterapkan yakni menggunakan dua metode, pemasaran tradisional dan digital marketing namun lebih memfokuskan kepada pemasaran secara tradisional. Selain itu usaha tenun Khatulistiwa juga menerapkan Strategi Pemasaran STP (Segmenting, Trageting, Positioning) dalam menentukan pasaran.