Abstract:
HERLIDA NAFALIA. Pengaruh Penggunaan Ice Breaking Terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik Dalam Pembelajaran Akidah Akhlak Di Kelas VII MTs Nahdlatus Syubban Tahun Pelajaran 2023/2024. Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI) Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak, 2024.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh situasi selama pembelajaran akidah akhlak, di mana peserta didik kurang memperhatikan saat guru menjelaskan materi, tidak bersungguh-sungguh mengerjakan tugas, dan cenderung bermain-main, partisipasi bertanya minim, dan mereka lebih sering meminta bantuan teman daripada berusaha sendiri. Tujuan penelitian ini untuk, (1) Penerapan Ice Breaking dalam pembelajaran akidah akhlak di kelas VII MTs Nahdlatus Syubban tahun pelajaran 2023/2024, (2) Motivasi belajar peserta didik dalam pembelajaran akidah akhlak di kelas VII MTs Nahdlatus Syubban tahun pelajaran 2023/2024, (3) Besarnya pengaruh penerapan Ice Breaking terhadap motivasi belajar peserta didik dalam pembelajaran akidah akhlak di kelas VII MTs Nahdlatus Syubban tahun pelajaran 2023/2024.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan jenis penelitian eksperimen, dengan rancangan penelitian one group pretest-posttest design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VII yang berjumlah 30 peserta didik, dengan teknik pengambilan sampel menggunakan teknik total sampling, maka diperoleh sampel sejumlah populasi yaitu 30 orang. Teknik dan instrumen yang digunakan untuk pengumpulan data adalah, (1) Teknik observasi dengan instrumen lembar checklist observasi, (2) Teknik komunikasi tidak langsung dengan instrumen kuesioner, (3) Teknik studi dokumentasi dengan instrumen dokumen. Uji validitas menunjukkan bahwa butir 1 sampai 25 semuanya valid, dan uji reliabilitas menghasilkan nilai sebesar 0,861. Teknik analisis data yang digunakan yaitu, (1) Statistik deskriptif dan (2) Uji paired sampel t-test.
Hasil penelitian yang dilakukan telah menjawab seluruh tujuan penelitian yang diterapkan. Pertama penerapan Ice Breaking dalam pembelajaran akidah akhlak di kelas VII MTs Nahdlatus Syubban tahun pelajaran 2023/2024 berhasil meningkatkan aktivitas, partisipasi, dan motivasi belajar peserta didik, serta membantu mereka yang mengalami kesulitan fokus dan kejenuhan selama pembelajaran. Kedua motivasi belajar peserta didik dalam pembelajaran akidah akhlak di kelas VII MTs Nahdlatus Syubban tahun pelajaran 2023/2024 meningkat signifikan, dari kategori “Sedang” dengan rata-rata persentase 68,56% pada pretest menjadi kategori “Sangat Tinggi” dengan rata-rata persentase 88,77% pada posttest. Ketiga pengaruh penerapan Ice Breaking terhadap motivasi belajar peserta didik dalam pembelajaran akidah akhlak di kelas VII MTs Nahdlatus Syubban tahun pelajaran 2023/2024 menunjukkan perbedaan signifikan antara sebelum dan sesudah penerapan Ice Breaking ditandai dengan nilai Sig. 0,000 < 0,05 sehingga H0 ditolak dan Ha diterima.