Abstract:
Nurul Ain 11901011. “Pengaruh Kemampuan Guru Dalam Melaksanakan Pembelajaran PAI Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VII di MTs Nahdlatus Syubban Pontianak Tahun Ajaran 2022-2023”. Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Pontianak.
Tujuan Penelitian ini adalah untuk menjelaskan : 1) Bagaimana Kemampuan Guru Dalam Melaksanakan Pembelajaran PAI di MTs Nahdlatus Syubban Pontianak Tahun Ajaran 2022-2023 ? 2) Bagaimana Hasil Belajar Siswa Kelas VII Pada Pembelajaran PAI di MTs Nahdlatus Subban Pontianak Tahun Ajaran 2022-2023 ? 3) Seberapa Besar Pengaruh Kemampuan Guru Dalam Melaksanakan Pembelajaran PAI Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VII di MTs Nahdlatus Syubban Pontianak Tahun Ajaran 2022-2023 ?
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan jumlah sampel 29 siswa MTS Nahdlatus Syubba Pontianak. Informasi penelitian ini dikumpulkan melalui kuesioner dan dianalisis menggunakan SPSS Versi 25. Tekhnik pengambilan sampel penelitian ini menggunakan Probably Sampling, sedangkan analisis data yang digunakan adalah Uji Instrumen (Uji Validitas dan Uji Reabilitas), uji normalitas dan uji T satu sampel.
Hasil Penelitian ini menunjukan bahwa : 1) Kemampuan Guru Dalam Melaksanakan Pembelajaran PAI yakni memiliki nilai rata-rata 44,5. sehingga positif berarti kemampuan guru dalam melaksanakan pembelajaran PAI dapat dikatakan baik. 2) Hasil Belajar Siswa Kelas VII yaitu Hasil Belajar Siswa Kelas VII Pada Pembelajaran PAI di MTs Nahdlatus Subban Pontianak Tahun Ajaran 2022-2023 yaitu rata-rata nilai yang diperoleh siswa kelas VII MTs Nahdatus Syubban Pontianak dalam ujian Fiqih adalah 75,79, nilai tertinggi siswa yaitu 88,00 dan yang terendah sebesar 70,00. Menunjukan hasil yang sangat memuaskan dari pembelajaran yang dilakukan guru PAI di MTs Nahdlatus Syubban Pontianak. 3) Pengaruh Kemampuan Guru Dalam Melaksanakan Pembelajaran PAI Kelas VII yaitu Uji T satu sampel dengan melihat hasil uji diketahui nilai T hitung 1,023 < T tabel 1,701 maka dapat disimpulkan H0 diterima. Dan nilai signifikansinya 0,315 > 0,05 H0 diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa nilai rata-rata hasil belajar siswa kelas VII sama dengan nilai 75.