Abstract:
Nurhayati, Analisis Pengembangan Usaha pada Toko Sembako Fikri. Program Studi Manajemen Bisnis Syariah (MBS), Fakultas Ekonomi Bisnis Islam (FEBI), Institut Agama Islam negeri (IAIN) Pontianak 2024.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: Pertama strategi yang digunakan oleh Toko Sembako Fikri dalam mengembangkan usaha toko sembakonya. Kedua, kendala yang dihadapi oleh Toko Sembako Fikri dalam mengembangkan usaha took sembakonya. Ketiga, solusi yang dilakukan oleh Toko Sembako Fikri dalam kendala mengembangkan usahanya.
Jenis dan metode penelitian ini adalah kualitatif. Lokasi penelitian ini bertempat di Jalan Apel Nomor 34, Kecamatan Pontianak Barat, Kota Pontianak. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Berdasarkan analisis data dalam penelitian ini, maka dapat disimpulkan: Pertama, strategi Pengembangan Usaha yang dilakukan oleh Toko Fikri Kecamatan Pontianak Barat adalah Memperbanyak variasi produk, Mengikuti harga pasaran, Lokasi yang strategis, dan Melakukan promosi. Kedua, Kendala yang dihadapi oleh Toko Sembako Fikri dalam mengembangkan usaha toko sembakonya adalah (1) Diawal membangun bisnisnya, Toko Fikri dihadapkan dengan kendala jarak yang jauh untuk berbelanja stok toko, juga belum ada sales yang mau menawarkan produk di tokonya. (2) Tidak bisa memperluas bangunan toko dikarenakan lahan yang sudah terisi penuh. (3) Pesaing yang semakin banyak terutama pada Indomaret dan Alfamart yang jaraknya tak begitu jauh antara satu sama lain. Ketiga, Solusi yang dilakukan oleh Toko Sembako Fikri dalam menghadapi kendala pengembangan usaha toko sembakonya adalah dengan memperkuat strategi seperti mengembangkan website dan memberikan kartu member serta potongan harga diyakini owner bisa tetap bersaing dengan yang lain.