Abstract:
Dalam dunia pendidikan, tentunya kedisiplinan siswa menjadi salah satu faktor penting bagi kemajuan sekolah. Namun, jika sekolah mengabaikan dan gagal dalam menanamkan dan membentuk kedisiplinan terhadap siswa, maka sekolah akan kehilangan fungsi aslinya. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan: (1) karakter disiplin apa yang akan dibentuk pada siswa (2) Metode yang digunakan guru dalam pembentukan karakter disiplin siswa (3) Penerapan metode pembentukan karakter disiplin siswa.
Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif yang menggunakan teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi, dan dokumentasi. Serta diambil dari sumber data primer yaitu kepala sekolah, guru kelas VI dan peserta didik kelas Vi A, sumber data sekunder yaitu dokumen, arsip, dan buku. Teknik analisis data yang digunakan berupa reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Kemudian teknik pemeriksaan keabsahan data yaitu trianggulasi data dan melakukan member check.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: (1) karakter disiplin yang ingin dibentuk terbagi menjadi disiplin dari segi waktu dan disiplin dari segi perbuatan (2) metode yang digunakan dalam pembentukan karakter disiplin siswa yaitu metode pembiasaan, metode hukuman, dan metode keteladanan. (3) Penerapan metode yang dilakukan pertama metode pembiasaan yang diterapkan dengan cara membiasakan siswa untuk selalu tepat waktu dalam mengerjakan apapun. Kedua, metode hukuman diterapkan ketika terdapat siswa yang melanggar peraturan sekolah baik peraturan sekolah secara tertulis maupun secara lisan. Ketiga, metode keteladanan yang diterapkan melalui sosok guru yang berperan menjadi seorang teladan dengan selalu memberikan contoh yang baik terhadap siswa.