Abstract:
NANDA TIARA. Peran Guru PAI dalam Membentuk Adab Siswa Terhadap Guru di SMK Negeri 1 Pontianak. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Program Studi (FTIK). Pendidikan Agama Islam (PAI). Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak, 2024.
Siswa SMK Negeri 1 Pontianak berdasarkan data lapangan, adab mereka dapat dikategorikan sudah sangat baik, ditengah banyak masalah adab atau karakter siswa. Pengaruh guru PAI pada pendidikan adab sangat urgent, untuk mempermudah dalam mengatasi masalah adab guru PAI menggunakan banyak strategi atau metode dalam membentuk adab siswa. Tujuan penelitian ini, untuk mengetahui 1) Peran guru PAI sebagai pendidik dalam membentuk adab siswa terhadap guru. 2) Peran guru PAI sebagai pembimbing dalam membentuk adab siswa terhadap guru. 3) Peran guru PAI sebagai penasehat dalam membentuk adab siswa terhadap guru. 4) Peran guru PAI sebagai model dalam membentuk adab siswa terhadap guru. 5) Peran guru PAI sebagai motivator dalam membentuk adab siswa terhadap guru.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Sumber data primer penelitian ini ialah guru Pendidikan Agama Islam (PAI), adapaun data sekunder yaitu siswa kelas X, Waka kurikulum, dan dokumentasi sebagai penujang penelitian ini. Teknik pengumpulan data yaitu menggunakan observasi non-partisipan, wawancara semi terstruktur, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah pengumpulan data (data colletion), kondensasi data (data condensation), penyajian data (data display), dan penarikan kesimpulan dan verifikasi (conclusion drawing/verification), adapun teknik keabsahan data menggunakan triangulasi dan member check.
Penelitian ini berikutnya menyimpulkan bahwa sedikitnya guru PAI telah memerankan 5 peran utama sebagi guru. Secara khusus 5 peran tersebut, adalah: (1) Peran guru PAI SMK Negeri 1 Pontianak sebagai pendidik yaitu mentrasfer ilmu tentang adab, memperkaya keterampilan tentang adab dan menjadi panutan siswa dalam beradab baik. (2) Peran guru PAI SMK Negri 1 Pontianak sebagai pembimbing yaitu memahami psikologi belajar, melakukan penyuluhan individual, melaksanakan evaluasi dan bimbingan mengenai adab siswa mereka. (3) Peran guru PAI SMK Negeri 1 Pontianak sebagai penasehat : guru telah memerankan diri dengan memahami kesehatan mental dan psikologis siswa untuk membentuk adab. (4) Peran guru PAI SMK Negeri 1 Pontianak sebagai model, guru memerankan dirinya sebagai teladan baik dalam cara berpikir maupun perilaku terkait adab. (5) Peran guru PAI SMK Negeri 1 Pontianak sebagai motivator adalah: memberikan dorongan, inspirasi dan pujian terkait adab siswa.