Abstract:
Zakiyyah Ramadhani (12003118), “Dampak Maraknya Coffee Shop terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa di Kota Pontianak”: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Jurusan Ekonomi Syariah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak, 2024.
Tujuan penelitian ini untuk menjelaskan dan mengetauhi: 1) Bagaimana bentuk perilaku konsumtif Mahasiswa di Coffee Shop. 2) bagaimana kriteria Coffee Shop Pilihan Mahasiswa. 3) bagaimana dampak perilaku Konsumtif Mahasiswa di Coffe Shop. Metode dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yakni menggunakan Teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Teknik pemeriksaan keabsahan data melalui trigulasi.
Hasil penelitia ini yaitu: 1) Bentuk Perilaku Konsumtif Mahasiswa yaitu Implusif Buying seperti pemberian yang implusif, Nonrational Buying berupa pembelian yang tidak rasional dan Waste Buying pemborosan terhadap sesuatu. 2) Kriteria Coffee Shop pilihan Mahasiswa seperti tempat yang strategis, wifi yang memadai, menu yang beragam, harga yang bersahabat dan promo menarik. 3). Dampak Maraknya Coffee Shop terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa yaitu gaya hidup yang hedonisme (terlalu menghamburkan uang) yang berfokus mencari kesenangan dan kepuasan