Abstract:
Randa Wahyudi, (2022) “Strategi Pengembangan Objek Wisata Masjid Agung Oesman Al-khair” Mahasiswa angkatan 2018 Program Studi Manajemen Bisnis Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak, 2023.
Kayong Utara adalah wilayah yang ada di Kalimantan Barat dan mempunyai kekuatan industri Wisata yang dapat diciptakan. Salah satu kemungkinan industri perjalanan adalah Masjid Agung Oesman Al-khair. Masjid Agung Oesman Al-Khair merupakan tempat wisata utama religi yang ada di Kayong Utara, tempat wisata ini terletak di Jalan Kota Karang Kota Sutera, Kawasan Sukadana, Pemerintahan Kayong Utara.
Tujuan penulisan dari karya ilmiah ini untuk mengetahui 1) strategi pengembangan destinasi wisata Masjid Agung Oesman Al-khair. 2) peluang usaha yang dapat dimanfaatkan masyarakat disekitar Masjid Agung Oesman Al-khair.
Penelitian ini bersifat deskriptif dengan pendekatan kualitatif, dengan mencoba menggambarkan hasil penelitian apa adanya. Teknik pengumpulan information menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Berdasarkan dari pembahasan yang dilakukan, dapat disimpulkan bahwa 1) strategi pengembangan objek wisata ini dilakukan dengan daya tarik wisata, meyediakan sarana dan prasarana wisata, membangun infrastruktur/fasilitas, dan melakukan promosi. 2) peluang usaha yang dapat dimanfaatkan masyarakat disekitar objek wisata ini seperti penginapan, rumah makan, café, dan toko oleh-oleh.