IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN MUATAN LOKAL TAHFIDZUL QUR’AN BERBASIS MODUL AJAR PADA PESERTA DIDIK KELAS V MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI 2 MELAWI TAHUN AJARAN 2022-2023

Show simple item record

dc.contributor.advisor Wahab, Wahab
dc.contributor.advisor Usman, Usman
dc.contributor.advisor Zaenuddin, Zaenuddin
dc.contributor.advisor Hidayat, Yusuf
dc.contributor.author ZUMZIANAH, ZUMZIANAH
dc.date.accessioned 2024-08-20T02:49:07Z
dc.date.available 2024-08-20T02:49:07Z
dc.date.issued 2024-02
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/5015
dc.description.abstract Zumzianah NIM: 2214100649, Implementasi pembelajaran Muatan Lokal Tahfidzul Qur’an berbasis modul ajar di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Melawi pada Tahun Ajaran 2022-2023. Latar belakang penelitian berdasarkan adanya ketidakseragaman dalam penyampaian materi dan target pencapaian Muatan Lokal yang diimplementasikan pada Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Melawi, karena tidak memiliki kurikulum yang jelas, dengan latar belakang tersebut sehingga penelitian ini bertujuan untuk melihat pelaksanaan pembelajaran muatan lokal berdasarkan pada penggunaan modul ajar 1).Bagaimana persiapan Implementasi pembelajaran Muatan Lokal Tahfidzul Qur’an Juz 30 melalui modul ajar di madrasah tersebut. 2). Bagaimana implementasi pembelajaran Muatan Lokal Tahfidzul Qur’an juz 30 melalui modul ajar dilaksanakan 3). Apa saja hasil dari pelaksanaan pembelajaran muatan lokal tahfidzu; qur’an juz 30 melalui modul ajar pada kelas V pada MIN 2 Melawi Jenis penelitian ini adalah kualitatif, dengan menggunakan pendekatan deskriftif, sumber data dan pengambilan data terdiri dari 49 siswa kelas V, pada MIN 2 Melawi, dan 3 orang guru kelas. Teknik pengumpulan data dengan Teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang dilakukan oleh peneliti yaitu reduksi data, display data, dan kesimpulan serta verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1). Guru dalam mempersiapkan dan mengimplementasikannya melakukan persiapan penyusunan modul ajar dalam mempersiapkan pembelajaran, menyusun jadwal pembelajaran, menentukan target pembelajaran dan memahami minat dan bakat peserta didik 2). Proses pelaksaan yang dilakukan dengan tahap pendahuluan, kegiatan inti, kegiatan penutup, dan evaluasi. 3). Adapun hasil dari proses pembelajaran muatan lokal tersebut adalah adanya peningkatan nilai berupa angka pada pembelajaran qur’an Hadis , dan adanya pengaruh dalam sikap peserta didik, walaupun dipengaruhi oleh beberapa Faktor penghambat implementasi antara lain, kurangnya sarana-prasarana, kemampuan membaca dan menulis Al-Qur’an yang belum optimal, serta perlunya dukungan orang tua en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN Pontianak en_US
dc.subject Implementasi en_US
dc.subject Modul Ajar Muatan Lokal en_US
dc.subject Tahfiz Al-Qur’an en_US
dc.title IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN MUATAN LOKAL TAHFIDZUL QUR’AN BERBASIS MODUL AJAR PADA PESERTA DIDIK KELAS V MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI 2 MELAWI TAHUN AJARAN 2022-2023 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account