Abstract:
REVITA ANGELINA (12015028), “Analisis Strategi Pemasaran dalam Meningkatkan Penjualan Konveksi Jersey pada CV. Kreatifika Harapan Terbang Abadi Pontianak”. Skripsi Mahasiswa Program Studi Manajemen Bisnis Syariah Angkatan 2020, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak, 2024.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) strategi Pemasaran pada CV. Kreatifika Harapan Terbang Abadi dalam menarik minat konsumen Konveksi Jersey. (2) Pola penjualan yang diterapkan untuk mempertahankan konsumen (3) gambaran peningkatan penjualan konveksi jersey di perusahaan CV. Kreatifika Harapan Terbang Abadi Pontianak.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Metode deskriptif dengan pendekatan Kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Dengan analisis menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sedangkan untuk teknik keabsahan data menggunakn triangulasi dan member check.
Hasil penelitian ini bahwa strategi pemasaran yang dilakukan untuk menarik minat konsumen mencakup penawaran produk dengan layanan custom desain, harga kompetitif, serta promosi melalui brosur, kupon, kolaborasi dengan tim olahraga, dan pemanfaatan media sosial dan e-commerce. Customer Service yang ramah dan lokasi toko yang strategis juga mendukung keberhasilan pemasaran. Hasil penelitian juga menunjukkan peningkatan penjualan yang dipengaruhi oleh strategi pemasaran efektif, kebijakan diskon, pelayanan baik, dan program reseller. Data penjualan dari Juli 2023 hingga Maret 2024 menunjukkan tren peningkatan, dengan lonjakan pada Agustus dan stabil hingga akhir tahun, meski sempat turun pada Januari. Peningkatan modal mendukung operasi dan penjualan perusahaan