Abstract:
Mutiara 12007138 (2024) “Persepsi Dan Pengetahuan Mahasiswa Tentang Pelayanan dan Promosi Di Perbankan Syariah (Studi Kasus Mahasiswa Perbankan Syariah Angkatan 2020)”. Mahasiswa Angkatan 2020 Program Studi Perbankan Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Institut Agama Islam Negri (IAIN) Pontianak,2024. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Persepsi Mahasiswa Tentang Pelayanan Bank Syariah; 2)Persepsi Mahasiswa Tentang Promosi Bank Syariah; 3)Pengetahuan Mahasiswa Tentang Pelayanan Bank Syariah; 4)Pengetahuan Mahasiswa Tentang Promosi Bank Syariah.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif, tempat penelitian di IAIN Pontianak. Adapun yang menjadi sumber data untuk mengetahui persepsi dan pengetahuan mahasiswa tentang pelayanan dan promosi di Perbankan Syariah secara umum yaitu Mahasiswa Program Studi Perbankan Syariah Angtakan 2020. Untuk memperoleh data yang berhubungan dengan fokus penelitian menggunakan sumber data primer yaitu Mahasiswa Program Studi Perbankan Syariah dan data sekunder yaitu berupa dokumen-dokumen. Peneliti menggunakan teknik Pengumpulan data, Reduksi data, Penyajian data dan menarik kesimpulan. Serta teknik keabsahan data dilakukan dengan member chek dan Triangulasi.
Hasil penelitian menyimpulkan bahwa persepsi dan pengetahuan Mahasiswa tentang pelayanan Bank Syariah itu cukup baik dapat dilihat dari tanggapan mahasiswa yang kebanyakan bersifat positif mengenai Satpam, Customer Service dan Teler Bank Syariah dan ada juga yang bersifat negatif dikarenakan mendapatkan pengalaman yang kurang dari segi pelayanannya. Persepsi dan pengetahuan mahasiswa tentang promosi Bank Syariah kurang diketahui dikarenakan jarangnya Promosi Bank Syariah yang dilihat dan diketahui oleh mahasiswa Program studi Perbankan Syariah