Abstract:
Dewi-12011023, Pengaruh Penggunaan Metode Problem Solving Berbantuan Media “Rumah Matematika” Terhadap Perkembangan Kognitif Anak Di TK Islamiyah Pontianak. Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini ,Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak 2024.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang : (1) Bagaimama perkembangan kognitif anak di kelas kontrol sebelum menggunakan metode problem solving berbantuanِ mediaِ “rumahِ matematika”ِ diِ TK Islamiyah; (2)
Proses penggunaan metode problem solving berbantuanِ mediaِ “rumahِ
matematika”ِ diِ TK Islamiyah; (3) Bagaimana perkembangan kognitif anak di kelas
eksperimen setelah menggunakan metode problem solving berbantuan media “rumahِ matematika”ِ diِ TK Islamiyah; (4) Apakah ada pengaruh perkembangan
kognitif pada anak dengan metode problem solving berbantuanِ mediaِ “rumah
matematika”. Pendekatan penelitian ini yaitu kuantitatif, jenis penelitian eksperimen, Sampel dalam penelitian ini adalah Kelas B1 dan B2, dengan Teknik pengambilan sampel total sampling. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah Teknik observasi, teknik tes dan dokumentasi. Sedangkan alat pengumpulan datanya adalah lembar observasi, lembar soal atau tes dan modul ajar.
Berdasarkan pada analisis yang telah dilakukan, maka peneliti menyimpulkan bahwa: (1) Perkembangan kognitif anak dikelas kontrol sebelum menggunakan metode problem solving berbantuan media rumah matematika belum berkembang dengan baik terlihat pada saat menjawab pertanyaan guru dan hasil tes perkembangan kognitif pada lembar tes yang dilakukan diperoleh nilai total 1130 pada tes perkembangan kognitif dengan rentang 55-75 dan 80-100. (2) proses menggunakan metode problem solving berbantuanِ mediaِ “Rumahِ Matematika”ِ
yaitu peserta didik di arahkan untuk menyimak, mengamati dan menyimpulkan, sehingga mereka dapat menyadari adanya suatu masalah dan dapat mengatasi masalah tersebut; (3) Perkembangan kognitif anak di TK Islamiyah setelah menggunakan metode problem solving berbantuan media rumah matematika pada kelas eksperimen mengalami peningkatan. Terlihat pada saat menjawab pertanyaan dan menyampaikan pendapat serta hasil tes perkembangan kognitif yang dilakukan dengan total hasil tes perkembangan kognitif yang diperoleh yaitu 1205 pada rentang 55-75 dikatakan dengan nilai minimum, sedangkan 80-100 dikatakan sebagai nilai maximum. (4) Metode problem solving berbantuan media rumah matematika berpengaruh terhadap perkembangan kognitif anak dapat dilihat pada Nilai signifikansi Persamaan regresi terdapat peningkatan sebesar 0,059 poin maka penggunaan metode problem solving berbantuan media rumah matematika untuk perkembangan kognitif anak di TK Islamiyah akan meningkat 59 poin. Nilai Koefisien Determinasi besarnya R Square sebesar 0,064, artinya variabel pengaruh penggunaan metode problem solving berbantauan media rumah matematika mampu meningkatkan perkembangan kognitif anak di kelas eksperimen