PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENERAPKAN PENDIDIKAN MULTIKULTURAL SISWA DI SMA NEGERI 1 TELUK PAKEDAI

Show simple item record

dc.contributor.advisor Erwin, Erwin
dc.contributor.advisor Purwoko, Arief Adi
dc.contributor.advisor Hamzah, Nur
dc.contributor.advisor Salim, Salim
dc.contributor.author Jamalludin, Jamalludin
dc.date.accessioned 2024-08-15T02:13:54Z
dc.date.available 2024-08-15T02:13:54Z
dc.date.issued 2024-03
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/4981
dc.description.abstract JAMALLUDIN NIM 11711115, Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Menerapkan Pendidikan Multikultural Siswa Di SMA Negeri 1 Teluk Pakedai, Program studi pendidikan agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak 2023. Peran guru dalam memberikan pembelajaran multikultural pada siswa merupakan suatu bentuk upaya tenaga pengajar dalam memberikan pengetahuan terhadap pentingnya sikap toleransi terhadap perbedaan. Begitu juga dengan sekolah SMA Negeri 1 Teluk Pakedai memberikan pengajaran pada siswa terkait dengan konsep pendidikan multikultural melalui peran guru PAI di dalam kelas. Guru PAI memiliki strategi pelaksanaan dalam menerapkan pendidikan multicultural di sekolah, hal ini di sebabkan oleh berbedanya latar belakang antar siswa. Maka dari itu penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan strtategi pelakasaan guru PAI dalam memberikan pengajaran pada siswa di SMA Negeri 1 Teluk Pakedai sehingga berdampak saling menghargai antar siswa dan lingkungan masyarakat. Penelitian ini menunjukkan bahwa peran guru sangat signifikan dalam memberikan pengajaran pada siswa di SMA Negeri 1 Teluk Pakedai. Guru PAI memiliki strategi dalam melakukan pengajaran pada siswa sebagai upaya dalam memberikan pemahaman pada siswa. Adapun strtegi yang diterapkan oleh guru PAI di SMA Negeri 1 Teluk Pakedai seperti: guru memberikan pembelajaran Inklusivitas dalam Materi pembelajaran, Pengintegrasian Nilai-nilai Multikultural dalam Kurikulum, Pengintegrasian Nilai-nilai Multikultural dalam Kurikulum dan Penilaian Partisipatif. Strategi ini merupakan bentuk upaya guru PAI dalam menanamkan pendidikan multicultural pada siswa di SMA Negeri 1 Teluk Pakedai. Selain strategi di atas guru PAI mengaplikasikan siswa dengan cara: Pemahaman Konsep Multikultural, hal ini dilakukan guru PAI dengan memberikan pengtahuan tentang konsep kultural dan konsep toleransi terhadap perbedaan, sheingga guru melakukan Pengembangan Materi Pembelajaran yang Inklusif agar siswa lebih terbuka terhadap perbedaan maka guru bisa Pembentukan Lingkungan Belajar yang Inklusif di SMA Negeri 1 Teluk Pakedai. Sehingga berdampak pada Pertama Pemahaman Keberagaman Agama, dengan adanya pendidikan multicultural siswa dapat memahami terkait keberagaman yang ada di sekolah. Kedua Membangun Sikap Toleransi, ketiga Pendidikan Karakter Berbasis Agama, keempat Mengatasi Stereotip dan Prasangka, kelima Inklusivitas dalam Pembelajaran, keenam Membangun Sikap Menghargai Perbedaan Budaya ketujuh meningkatkan kesadaran sosial. Pelakasanaan strategi pengajaran yang diterapkan guru PAI di SMA Negeri 1 Teluk Pakedai. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN Pontianak en_US
dc.subject Peran en_US
dc.subject Pendidikan Multikultural en_US
dc.subject Guru PAI en_US
dc.title PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENERAPKAN PENDIDIKAN MULTIKULTURAL SISWA DI SMA NEGERI 1 TELUK PAKEDAI en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account