PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO ANIMASI TEMA KENDARAAN DI KELOMPOK BERMAIN RAUDHATUL ULUM II DESA MEKAR SARI KABUPATEN KUBU RAYA TAHUN AJARAN 2023/2024

Show simple item record

dc.contributor.advisor Aditya, Farninda
dc.contributor.advisor Azzahra, Nurma Annisa
dc.contributor.advisor Yusdiana, Yusdiana
dc.contributor.advisor Rahnang, Rahnang
dc.contributor.author HASANAH, JAMIATUL
dc.date.accessioned 2024-08-15T01:52:34Z
dc.date.available 2024-08-15T01:52:34Z
dc.date.issued 2024-06
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/4978
dc.description.abstract JAMIATUL HASANAH 12011055, Pengembangan Media Video Animasi di KB Raudhatul Ulum II Desa Mekar Sari Kabupaten Kubu Raya Tahun Ajaran 2023/2024. Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Pontianak 2024. Tujuan penelitian untuk mendiskripsikan pengembangan media video animasi untuk meningkatkan perkembangan bahasa anak usia 5-6 tahun. Penelitian ini menggunakan metode Reseacrh and Development (R&D) dengan model yang dikembangkan oleh Thiagarajan yaitu model 4-D terdiri empat tahap yaitu Define, Design, Develop dan Desseminate. Subjek penelitian, kelompok B1 Kelompok Bermain Raudhatul Ulum II Desa Mekar Sari Kecamatan Sungai Raya Kabupaten Kubu Raya. Instrumen penelitian yaitu lembar validasi, lembar wawancara, lembar kuensioner guru dan lembar penilaian anak. Hasil yang diperoleh yaitu :1) Tahapan Difine pada Pengembangan Media Video Animasi Tema Kendaraan dibagi tiga tahapan yaitu, a. Analisis awal, b Analisis peserta didik, c Analisis materi untuk mengidentifikasi materi utama yang perlu diajarkan dan disesuaikan dengan tema sesuai kurikulum. 2) Tahapan Design pada Pengembangan media video animasi Tema Kendaraan, dibagi empat tahap yaitu, a. Penyusunan standar tes, b. Pemilihan media, c. Pemilihan format, d. Rancangan awal. 3) Tahapan Develop pada Pengembangan Media Video Animasi Tema Kendaraan dibagi menjadi dua tahap yaitu, a. Validasi ahli materi 80% masuk katagori sangat layak, ahli media 86,25% masuk katagori sangat layak, b. Uji produk, respon peserta didik sebelum menggunakan produk nilai rata-rata 17,1, setelah menggunakan media nilai rata-rata 23,1, angket empat guru 81% masuk katagori sangat baik. 4) Tahapan Disseminate pada Pengembangan Media Video Animasi Tema Kendaraan dibagi jadi tiga tahap yaitu, a. Pengujian validasi setelah melakukan revisi produk sesuai dari validator ahli materi 80% masuk katagori baik, ahli media 96,25% masuk katagori sangat layak, b. Kemasan, setelah produk dinyatakan layak maka produk diaplod di akun youtube, c. Difusi dan Adposi, peneliti memberikan link dari video yang sudah ada di akun peneliti. Guru bisa memberikan hanya menekan linknya, maka video sudah bisa diberikan kepada peserta didik sebagai media pembelajaran untuk meningkatkan khususnya perkembangan bahasa anak usia 5-6 tahun. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN Pontianak en_US
dc.subject Pengembangan Media en_US
dc.subject Video Animasi en_US
dc.subject Berkembangan en_US
dc.subject Bahasa en_US
dc.title PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO ANIMASI TEMA KENDARAAN DI KELOMPOK BERMAIN RAUDHATUL ULUM II DESA MEKAR SARI KABUPATEN KUBU RAYA TAHUN AJARAN 2023/2024 en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account