Abstract:
SRI YULIANI. Strategi Pemasaran Produk Terhadap Pembiayaan Murabahah dalam Mengembangkan UMKM di Kota Pontianak (Studi Kasus di Kantor Cabang Bank Syariah Indonesia Dipenogoro Program Pascasarjana Ekonomi Syariah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak, Tahun 2023.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui stratgei pemasaran produk terhadap pembiyaan murabahah di bank syariah Indonesia cabang Dipenogoro Kota Pontianak terhadap pelaku UMKM. Subjek dalam pengumpulan data penelitian ini terdiri dari 4 responden yang merupakan staf pembiyaan murabahah dan nasabah yang mengambil pembiayaan murabahah di bank syariah. Metode penelitian yang digunakan dalam menganilisis data yaitu penelitian deksriptif kualitatif. Penelitian ini di lakukan dengan menggunakan teknik pengumpulan data berupa wawancara dan dokumentasi yang dilakukan dengan menggunakan teknik pengumpulan informan, wawancara untuk mengertahui sejauh mana persepsi nasabah terhadap pembiayaan murabahah dan dokumentasi untuk melengkapi syarat ataupun ketentuan dalam menganalisa data.
Hasil penelitian yang diperoleh menyimpulkan bahwa: 1) Prosedur pembiayaan murabahah bank syariah Indonesia terdiri dari empat syarat seperti ada penjual, ada pembeli, ada barang, ada akad. Selain itu pihak juga melakukan pengecekan langsung lokasi nasabah dan melengkapan persyaratan bukti fisik seperti ada kartu keluarga, kartu penduduk, NPWP, surat pernyataan kesanggupan, dan jaminan peminjaman. 2) Strategi pemasaran produk dalam pembiayaan murabahah terbagi pada dua aspek internal dan eksternal. Aspek eksternal mengacu pada memperbanyak mencari nasabah dengan datang ke Rumah, kantor, sekolah dan instansi perkantoran. Kendala eksternal lainnya adalah banyaknya nasabah yang melakukan pembiayaan murabahah tidak sesuai dengan aturan Bank, kedisiplinan dalam pembayaran angsuran dan penghasilan yang tidak tetap. Aspek internal meningkatkan kualitas sumber daya manusia dalam penguasaan teknologi, pelayanan yang mengutamakan kepentingan nasabah, konsen pada UMKM dan memperkuat kepercayaan dan Kerjasama. 3) Pandangan Islam tentang stratgei pemasaran produk dalam pembiayaan murabahah yang dikembangkan oleh pihak Bank syariah Indonesia cabang Dipenogoro kota Pontianak dalam mengembangkan UMKM memiliki pandangan yang positif. Hal tersebut dapat dilahat dari respon nasabah dalam melakukan pembiayaan murabahah yang setiap tahun mengalami peningkatan nasabah, sumber hukum yang sejalan dengan Al-Qur`an dan Hadis, produk yang berdasarkan akad syariah serta manfaatnya yang diambil dari keuntungan bagi hasil usaha.