Abstract:
Abdur Rahman, 11711136 Analisis Nilai-Nilai Pendidikan Islam dalam Film Sang Pencerah, Relevansi Sebagai Sumber Belajar Siswa. Program Study Pendidikan Agama Islam,Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak.
Penelitian ini bertolak dari banyaknya produksi film menjadikan seseorang harus lebih terampil dalam memilih tayangan yang bermutu dan mengandung nilai-nilai pendidikan di dalamnya. Salah satu film yang banyak mengandung nilai-nilai pendidikan adalah film Sang Pencerah. Film Sang Pencerah ini menceritakan perjalanan kehidupan K.H Ahmad Dahlan dalam membela kebenaran. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan cerita pada film Sang Pencerah serta mendeskripsikan nilai-nilai pendidikan Islam dalam film Sang Pencerah.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian kepustakaan (library research) yaitu penelitian yang mengumpulkan data dan informasi dengan menghimpun data dari berbagai literatur yang diteliti. Subjek penelitian ini yaitu film Sang Pencerah dan objeknya adalah nilai-nilai pendidikan Islam dalam film Sang pencerah, relevansi sebagai sumber belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa. Dalam film Sang Pencerah 1) terdapat nilai-nilai pendidikan Islam, yaitu; a) nilai-nilai akidah berupa; larangan berbuat syirik/menyekutukan Allah SWT dan berserah diri kepada Allah, b) Nilai-nilai ibadah berupa; mendirikan sholat tepat waktu, pengajian, menunaikan ibadah haji dan menikah, c) nilai-nilai akhlak berupa; tolong menolong, sedekah, sabar, saling menghargai, dan berlaku sopan dalam perkataan dan perbuatan 2) relevansi sebagai sumber belajar adalah segala sesuatu yang dapat dipergunakan sebagai tempat di mana bahan pengajaran terdapat atau asal untuk belajar seseorang. Film Sang Pencerah merupakan salah satu contoh sumber belajar yang relevan dan mengandung nilai Akidah,Ibadah, dan Akhlak.